Rincian Biaya Membangun Dapur di Belakang Rumah 2024

Tidak hanya kamar tidur atau ruang tamu, tetapi dapur juga kerap menyita perhatian masyarakat Indonesia. Terlepas dari perabotan, beberapa orang menanyakan berapakah biaya membangun dapur di belakang rumah?

Biaya membangun dapur di belakang rumah bervariasi, di mana bergantung pada ukuran, material, dan jasa borongan. Semakin luas, maka semakin tinggi pula budget yang nantinya dikeluarkan.

Itulah pentingnya mengetahui bagaimana cara menghitung biaya membangun dapur di belakangan rumah. Di mana, budget yang dibutuhkan dipengaruhi beberapa faktor, dan hal tersebut bisa menjadi salah solusi meminimalkannya.

Bagi yang akan bangun dapur di belakangan rumah, maka penting untuk mengetahui rincian, cara menghitung, beberapa faktor dan tips supaya budget tidak membengkak. Supaya lebih jelas terkait budget membangun ruang tersebut, simak ulasan TukangArstiek.com di bawah ini.

Rincian Biaya Membangun Dapur di Belakang Rumah

Rincian Biaya Membangun Dapur di Belakang Rumah

Biaya membuat dapur di belakangan rumah seperti pada umumnya, di mana dibedakan berdasarkan material, ukuran, dan jasa yang digunakan. Untuk ukuran cukup beragam, ada 3×6, 3×3, 4×6 atau 2×6.

Dengan adanya ukuran tersebut, biaya bangun dapur di belakang rumah tinggal menghitung budget untuk material dan jasa pemborong. Misalnya, Anda ingin membuat dapur dengan budget 2 juta, 10 juta atau mungkin 20 juta.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah rincian biaya membangun dapur di belakang rumah:

  • Upah Tukang Bangunan: Rp 150.000 per orang. Dengan estimasi penggunaan 2 orang selama 5 hari, jadi pengeluaran biaya sebesar Rp 1.000.000.
  • Pasir: Rp 300.000
  • Semen Rp 40.000 per sak x 3: Rp 120.000
  • Batu Bata: Rp 1.500 x 30: Rp 45.000
  • Batu Tempel: Rp 150.000 / dus, apabila membutuhkan 3, maka biaya sebesar Rp 450.000.
  • Besi ukuran 8: 40.000 x 2 = Rp 80.000
  • Kawat tali: Rp 25.000
  • Pelapis Meja: Rp 35.000
  • Nat Khusus Hitam: Rp 20.000
  • Cat : Rp 500.000 bergantung merk.
  • Keramik Dinding: Rp 65.000 per m2. Apabila asumsi ukuran dapur 2×6 meter, maka memerlukan keramik 6 dus atau membutuhkan biaya Rp 780.000
  • Granit Meja: Rp 500.000 x 2 = Rp 1.000.000

Baca Juga: Harga Pasang Keramik Dinding Borongan dan Harian 2024

Dengan rincian material dan perabotan yang harus dibeli tersebut, maka biaya membangun dapur di belakang rumah adalah Rp 4.355.000. Perlu diperhatikan jumlah biaya bangun dapur tersebut merupakan perhitungan kotor.

Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan budget lebih untuk menghindari kurangnya dana saat membeli material atau perabotan. Contohnya, rincian biaya membangun dapur di belakang rumah Rp 4.355.000, maka siapkan budget sekitar Rp 5.000.000.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Membangun Dapur di Belakang Rumah

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Membangun Dapur di Belakang Rumah

Erat kaitannya dengan biaya membuat dapur di belakangan rumah, yakni beberapa faktor yang membuat tingginya angka pengeluaran budget. Di mana, Anda perlu mengetahuinya supaya memudahkan untuk mengira-ira habisnya jumlah anggaran.

Artinya, secara otomatis dapur dengan ukuran lebih luas, maka menghabiskan biaya bangun lebih besar, dibandingkan dengan dapur kecil. Adapun beberapa faktor lain yang mempengaruhi biaya membuat dapur di belakang rumah, di antaranya:

Upah Tukang

Mengingat dapur di belakang rumah beragam ukurannya, maka keperluan tukang bangunan pun bervariatif. Di mana, biasanya dapur kecil membutuhkan 2 orang saja, jika luasnya lebih besar maka tukang bisa 4 atau bahkan 5 orang.

Hal tersebut erat kaitannya, dengan biaya yang nantinya dikeluarkan Anda untuk memberikan upah kepada tukang bangunan. Pada umumnya, tukang bangunan dibayar Rp 150.000 – Rp 200.000 per hari.

Dari upah tersebut, Anda juga bisa menghitung estimasi waktu membuat dapur di belakangan rumah berapa lama. Apabila 5 hari, maka upah tukang berkisar antara Rp 750.000 – Rp 1.000.000 per orangnya.

Desain Dapur

Selain ukuran dapur di belakang rumah tidak kalah dengan yang ada di dalam, pasalnya terdapat beragam desain mulai dari minimalis hingga mewah. Artinya, desain juga menjadi faktor pengaruh biaya membangun dapur.

Semakin detail desain dapur, maka semakin besar juga biaya membangun dapur di belakangan rumah. Oleh karena itu, pilihlah desain yang sesuai kebutuhan saja, Anda juga bisa menanyakan kepada tukang atau ahli dekorasi setempat.

Jumlah Peralatan

Jumlah peralatan juga menjadi faktor yang mempengaruhi biaya membangun dapur di belakang rumah. Lantaran, semakin banyak perabotan, semakin besar pula budget membuat dapur tersebut.

Apabila budget Anda pas hanya untuk membuat dapur di belakang rumah saja, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan peralatan lama saja. Atau mungkin, fokuslah pada beberapa kebutuhan tambahan yang memang seharusnya ada.

Contohnya seperti kompor tanam, yang notebene dianggap lebih aman lantaran memiliki pengatur waktu saat memasak. Selain itu, wastafel dengan sink tampak sederhana dengan sentuhan tone warna putih serta hitam menjadi pilihan.

Cat Dinding

Faktor terakhir yang mempengaruhi biaya membangun dapur di belakangan rumah, yakni cat dinding. Mengapa demikian? Selain warna, harga cat juga berbeda-beda berdasarkan merk tak terlepas dari kualitasnya.

Pemilihan merk dan kualitas bisa Anda tanyakan kepada tukang maupun ahli dekorasi, sebagai bentuk penghematan biaya. Setelah bertanya, pastikan kembali dengan bertanya kepada penjual bahwa cat tersebut cocok untuk dapur.

Tips Membangun Dapur di Belakangan Rumah dengan Budget Minimalis

Tips Membangun Dapur di Belakangan Rumah dengan Budget Minimalis

Tak jarang orang berpikiran bahwa membuat dapur di belakang rumah, membutuhkan banyak biaya. Padahal, terdapat beberapa cara untuk meminimalisir pengeluaran anggaran untuk membangun ruangan tersebut.

Supaya menjadi gambaran semua pihak, berikut adalah tips membangun dapur di belakangan rumah dengan budget minimalis:

Membuat Rancangan Matang

Membuat rancangan matang ketika akan membangun dapur di belakang rumah menjadi tips meminimalisir pengeluaran biaya. Perencanaan mencakup kesepakatan dengan jasa atau tukang, kebutuhan barang, serta biaya baya material setelah survei.

Teruslah berdiskusi terlebih dahulu kepada orang atau ahli bangunan yang Anda sewa, tanpa keluar dari keinginan dan budget. Hal tersebut bertujuan agar pembangunan berhenti, lantaran beberapa kebutuhan tak terbeli.

Atur Keperluan Dapur

Mengatur keperluan dapur menjadi langkah membangun dapur di belakang rumah dengan biaya minimalis. Usahakan mengisi perabotan inti terlebih dahulu, ketimbang dekorasi dan lain sebagainya.

Semakin sedikit dekorasi, maka biaya membuat dapur dibelakang rumah menjadi minimalis. Terlebih lagi, kondisi ruangan memasak tersebut menjadi lebih nyaman, ketimbang banyak pernak-pernik yang tidak harus ada.

Kualitas Material

Berniat untuk menghemat biaya membuat dapur di belakangan rumah, tetapi asal-asalan memilih material, malah semakin boros. Hal tersebut kerap terjadi kepada sebagian orang, karena lalai menentukan material yang digunakan.

Pilihlah material atau perabotan kokoh, supaya awet ketika digunakan untuk jangka waktu panjang. Masalah ini mudah ditangani, jika memang Anda menyewa kontraktor untuk membuat dapur di belakang rumah.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai faktor, tips, dan rincian biaya membangun dapur di belakang rumah. Kesimpulannya, biaya membuat dapur di belakangan rumah bervariasi bergantung pemilihan tukang, desain, peralatan, dan ukuran.

Mungkin itu saja ulasan dari TukangArsitek.com bagikan terkait budget membuat dapur di belakang rumah. Semoga dengan adanya rincian dan tips tersebut, Anda bisa membuat rancangan matang untuk bangun dapur di belakang rumah.

Tinggalkan komentar