Rincian Ongkos Pasang Pintu dan Jendela Semua Material 2024

Ongkos pasang pintu dan jendela belakang ini kerap dibicarakan masyarakat Indonesia. Lantaran, material tersebut termasuk pada harga borongan ketika membangun atau merenovasi hunian.

Ongkos pasang pintu dan jendela cukup beragam, karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari material, jenis, ukuran, kualitas jasa hingga lokasi tempat pembangunan dilakukan.

Itulah salah satu alasan pentingnya mengetahui cara menghitung ongkos pasang pintu dan jendela. Selain menghemat biaya, nantinya ketika pembangunan dimulai material atau bahan sudah sesuai dengan keinginan.

Bagi yang belum mengenai pengaruh faktor, tips memilih, rekomendasi jasa dan ongkos pasang pintu dan jendela. Langsung saja simak lebih lanjut pembahasan TukangArsitek.com di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Ongkos Pasang Pintu dan Jendela

Faktor yang Mempengaruhi Ongkos Pasang Pintu dan Jendela

Faktor yang mempengaruhi harga jasa pasang pintu dan jendela sangat beragam serta dapat secara signifikan berpengaruh terhadap biaya proyek. Salah satunya adalah bahan material, di mana setiap pengguna nantinya tidak hanya menggunakan material dari kayu saja untuk struktur bangunan tersebut.

Lantas, apakah hanya itu saja faktor yang harus dipertimbangkan ketika berencana membangun atau merenovasi pintu atau jendela? Tentu tidak, terdapat beberapa faktor lainnya, antara lain:

Ukuran

Meskipun pintu dan jendela memiliki ukuran standar, tetapi menjadi faktor yang mempengaruhi ongkos pasangnya. Lantaran, setiap struktur bangunan tersebut memiliki fungsinya masing-masing, seperti untuk kamar tidur, kamar mandi, ataupun dapur.

Material yang Digunakan

Selain ukuran, material yang digunakan juga berpengaruh pada ongkos pemasangan pintu maupun jendela. Tidak hanya kayu, tetapi struktur bangunan tersebut dibuat dengan bahan, seperti aluminium yang mulai populer.

Kompleksitas Instalasi

Gaya pemasangan setiap tukang atau pemborong juga menjadi faktor yang mempengaruhi ongkos memasang pintu dan jendela. Semakin ahli ketika instalasi, maka semakin tinggi harga yang diberikan oleh tukang.

Lokasi

Lokasi juga berpengaruh terhadap biaya pemasangan pintu dan jendela, lantaran setiap daerah memiliki harga bahan materialnya sendiri. Misalnya di daerah A kusen pintu seharga Rp 50.000, sementara daerah B Rp 75.000.

Rincian Ongkos Pasang Pintu dan Jendela

Rincian Ongkos Pasang Pintu dan Jendela

Dari banyaknya faktor tersebut, maka dipastikan biaya pemasangan pintu dan jendela bervariasi. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui cara menghitung ongkos pasang pintu dan jendela.

Sebagai gambaran harga pasang yang beredar di pasaran, sebagai berikut:

  • Ongkos Pasang Pintu Kayu Jati: Rp 2.500.000
  • Ongkos Pasang Pintu Kayu Kamper: Rp 1.600.000
  • Ongkos Pasang Pintu Kayu Meranti: Rp 1.300.000
  • Ongkos Pasang Pintu Aluminium: Rp 3.000.000
  • Ongkos Pasang Jendela Kayu Jati: Rp 1.000.000
  • Ongkos Pasang Jendela Kayu Kamper: Rp 800.000
  • Ongkos Pasang Jendela Kayu Meranti: Rp 300.000
  • Ongkos Pasang Jendela Aluminium: Rp 1.500.000

Dari keterangan harga di atas, Anda bisa menghitung ongkos pasang pintu dan jendela menggunakan rumus:

  • Ongkos Pasang Pintu / Jendela = Total Unit x Bahan Material yang Digunakan.
  • Ongkos Pasang Pintu / Jendela = 2 x Rp 3.000.000
  • Ongkos Pasang Pintu / Jendela = Rp 6.000.000

Baca juga: Harga Jasa Pasang Kusen Aluminium Per Meter Murah 2024

Itulah rumus yang mudah digunakan untuk menghitung harga tukang pasang pintu dan jendela. Di mana contoh di atas dihitung berdasarkan upah jasa pasang plus material dari pihak tukang.

Apabila nantinya Anda hanya membutuhkan jasa pasang saja, karena materialnya sudah beli sendiri, maka kisaran ongkos tukang pasang pintu dan jendela Rp 200.000 sampai Rp 500.000 per unit. Harga tersebut kami ambil dari perkiraan kota-kota besar, seperti Surabaya, Bogor, Jakarta, Medan dan lain sebagainya.

Tips Memilih Jasa Pasang Pintu dan Jendela

Tips Memilih Jasa Pasang Pintu dan Jendela

Memilih jasa pasang pintu dan jendela terlihat mudah, karena banyak ditemui di setiap kota maupun daerah. Namun, dari banyaknya tukang tersebut tidak sedikit yang bekerja secara asal-asalan.

Oleh karena itu, mengetahui bagaimana cara memilih jasa tukang pasang pintu dan jendela menjadi keharusan. Misalnya dari teknik pemasangan, lisensi, portofolio serta masih banyak lagi.

Supaya Anda tidak salah dalam memilih jasa pasang pintu dan jendela, berikut beberapa tipsnya:

  • Teliti penyedia jasa, bandingkan dengan lainnya, serta harga yang ditawarkan.
  • Carilah ulasan maupun testimoni pelanggan sebelumnya guna memperoleh referensi terkait kualitas jasa tersebut.
  • Pastikan jasa mempunyai pengalaman lebih serta reputasi baik. Lantaran, lebih banyak pengalaman dapat dipastikan tukang bisa menangani segala jenis pemasangan pintu maupun jendela.
  • Pastikan jasa mempunyai lisensi valid serta garansi. Hal tersebut penting untuk melindungi dari kerusakan atau kerugian yang mungkin terjadi saat pemasangan berlangsung.
  • Mintalah kepada kontraktor estimasi biaya secara tertulis, rincian pekerjaan, waktu penyelesaian, maupun bahan yang digunakan. Hal ini membantu Anda terhindar dari biaya tersembunyi.
  • Tinjau portofolio sebelumnya dari tukang pasang guna melihat kualitas serta teknik mereka. Tujuannya memberikan referensi tentang hasil akhir sudah sesuai atau tidak dengan harapan.
  • Komunikatif hal penting yang harus dimiliki oleh tukang pasang pintu dan jendela. Karena, pengguna bisa bertukar pendapat dengan penyedia guna memastikan kebutuhan serta hasil sesuai harapan.
  • Jangan mudah tergiur apa bila ditawari harga terlalu murah. Sebab, kemungkinan besar kualitas pekerjaan penyedia jasa tersebut rendah dan penggunaan bahan asal-asalan.
  • Terakhir, mintalah rekomendasi kepada saudara, rekan kerja atau tetangga yang telah menggunakan tukang pasang pintu dan jendela.

Rekomendasi Jasa Pasang Pintu dan Jendela

Rekomendasi Jasa Pasang Pintu dan Jendela

Bermodalkan beberapa tips di atas, dipastikan Anda bisa memilih mana penyedia jasa pemasangan pintu dan jendela yang berkualitas. Sehingga, terhindar dari kerusakan maupun kesalahan di mana menimbulkan biaya tambahan.

Lantas, penyedia jasa mana saja yang cocok digunakan untuk pemasangan jendela dan pintu? Banyak pemborongan pasang jendela dan pintu dengan kualitas terjamin, di antaranya:

  • Pintu Baja Fortress
  • Intinusa Bangun Persada
  • Pintu Minimalis
  • Mbiz Market
  • Masa Building Solution

Selain rekomendasi di atas, Anda juga bisa menjadi jasa penyedia pasang pintu dan jendela. Melalui beberapa platform di antaranya Tokopedia, OLX, Sejasa, Shopee dan lain sebagainya.

Akan tetapi, untuk memastikan berkualitas atau tidaknya penyedia jasa, lihat terlebih dahulu dari rating dan ulasan pengguna sebelumnya. Semakin tinggi rating dan review baik, maka kemungkinan jasa berkualitas.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai faktor, tips memilih, rekomendasi jasa dan ongkos pasang pintu dan jendela. Kesimpulannya, ongkos dapat berbeda-beda berdasarkan faktor lokasi, kualitas bahan material, ukuran, dan portofolio penyedia jasa.

Mungkin itu saja informasi dari TukangArsitek.com terkait faktor, tips memilih, rekomendasi jasa dan harga pasang pintu dan jendela. Semoga dengan adanya pembahasan di atas, Anda bisa memilih penyedia jasa berkualitas, tanpa mendapatkan biaya tambahan yang berlebihan.

Tinggalkan komentar