Harga Pasang Keramik Dinding Borongan dan Harian 2024

Sebagaimana diketahui, keramik masih menjadi bahan material favorit masyarakat yang seringkali digunakan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan, termasuk untuk melapisi dinding rumah. Namun, apakah kalian sudah mengetahui berapa rata-rata upah atau harga jasa pasang keramik dinding di Indonesia?

Secara garis besarnya, daftar harga pasang keramik dinding nantinya akan berbeda di sejumlah wilayah ataupun daerah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat sejumlah faktor yang mampu mempengaruhi upah jasa seorang tukang bangunan terkait dengan pekerjaan pemasangan keramik dinding.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia beberapa jenis tukang pasang keramik dinding apabila dilihat dari harga jasa ataupun upahnya, yaitu harian dan borongan. Hal tersebut menjadikan seseorang bisa memilih jenis tukang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan ketika ingin menggunakan jasa mereka untuk memasang keramik dinding di rumah.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui berapa total biaya yang dibutuhkan ketika ingin memasang keramik dinding di rumah. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai daftar harga pasang keramik dinding semua jenis dan ukuran, entah itu untuk sistem harian maupun borongan per meter.

Manfaat Pasang Keramik Dinding

Manfaat Pasang Keramik Dinding

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga pasang keramik dinding per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa fungsi ataupun manfaatnya. Seperti diketahui, saat ini di pasaran sudah tersedia cukup banyak jenis atau model keramik dinding yang dapat dipilih sesuai kebutuhan serta keinginan.

Pada umumnya, keramik dinding dipasang pada ruangan dapur dan kamar mandi di sebuah hunian. Selain itu, tak jarang pula sebagian orang yang memanfaatkan keramik dinding untuk mempercantik ruang tamu atau bahkan teras rumah pada hunian-hunian minimalis modern.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab seiring berjalannya waktu kini keramik dinding sudah tersedia dalam beragam motif dan warna menarik sehingga mampu mempercantik eksterior suatu bangunan. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa fungsi ataupun manfaat pasang keramik dinding.

  • Berfungsi mencegah kebocoran, terutama pada ruangan kamar mandi.
  • Berfungsi untuk mempercantik interior ruangan.
  • Berfungsi sebagai penahan suhu udara panas pada waktu tertentu.
  • Berfungsi untuk menegaskan konsep suatu bangunan.
  • Berfungsi untuk mempermudah perawatan dapur.

Baca juga: 25 Teras Rumah Sederhana Tapi Elegan, Minimalis Bikin Betah

Meskipun menawarkan sejumlah keuntungan, namun perlu diketahui pula bahwa pemasangan keramik dinding juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satu contohnya yaitu proses pemasangannya harus dilakukan secara teliti oleh tukang bangunan berpengalaman.

Harga Pasang Keramik Dinding Terbaru

Harga Pasang Keramik Dinding Terbaru

Setelah memahami sekilas pengertian hingga manfaat pemasangan keramik dinding, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besar ongkos jasa pemasangannya. Seperti sudah disinggung di awal, di Indonesia sendiri saat ini tersedia dua jenis sistem tukang bangunan, yaitu harian serta borongan.

Hadirnya beberapa opsi tukang bangunan tersebut akan membuat seseorang bisa memilih jenis pekerja sesuai dengan keinginan serta kebutuhannya masing-masing. Akan tetapi, perlu diingat bahwa masing-masing jenis sistem tukang bangunan tersebut tentunya akan mempengaruhi total harga jasa pasang keramik dinding.

Selain itu, beberapa faktor lainnya seperti jenis, ukuran, penempatan keramik hingga tingkat kesulitan pemasangan juga bisa mempengaruhi total harga jasa tukang bangunan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar harga pasang keramik sistem borongan maupun harian di bawah ini.

Harga Borongan

Opsi tukang bangunan pertama yang bisa kalian pilih ketika ingin menggunakan jasa pasang keramik dinding yaitu pekerja sistem borongan. Pada umumnya, pekerja borongan mematok upah jasa pemasangan keramik dinding dengan hitungan per meter persegi.

Meskipun demikian, terdapat beberapa hal lainnya yang nantinya mampu mempengaruhi harga borongan pasang keramik dinding, salah satunya yaitu ukuran material. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan daftar harga borongan pemasangan keramik dinding per meter untuk semua jenis dan ukuran.

Jenis PekerjaanHarga Per Meter
Keramik dinding 20 x 25 cmRp 35.000
Keramik dinding 25 x 30 cmRp 38.200
Keramik dinding 25 x 40 cmRp 38.500
Keramik dinding 25 x 50 cmRp 42.000
Keramik dinding 25 x 75 cmRp 54.000
Keramik dinding 120 x 20 cmRp 65.000
Keramik dinding 120 x 30 cmRp 68.000
Keramik dinding 120 x 60 cmRp 75.000
Keramik dinding 30 x 60 cmRp 62.000
Keramik dinding 40 x 80 cmRp 64.500

Catatan: Daftar harga borongan pasang keramik dinding per meter di atas bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Harga Harian

Selain sistem borongan, pekerjaan pemasangan keramik dinding juga dapat dilakukan oleh tukang dengan sistem harian. Sesuai namanya, nantinya para pekerja tersebut akan mendapatkan upah ataupun ongkos jasa pengerjaan pemasangan keramik dinding per hari.

Sama halnya seperti pekerja sistem borongan, harga jasa pasang keramik dinding oleh tukang harian juga akan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti tingkat kesulitan hingga risiko pengerjaannya. Daripada penasaran, berikut adalah daftar harga jasa pemasangan keramik dinding per hari.

Baca juga: 15 Model Plafon Kamar Tidur Ukuran 3×3 Elegan dan Sederhana

Jenis TukangHarga Per Hari
PekerjaRp 115.000
MandorRp 130.000

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya kalian hanya bisa menggunakan pekerja saja tanpa mandor apabila pengerjaan pemasangan keramik dinding dalam skala kecil. Namun, tukang harian biasanya membutuhkan pengawasan secara rutin oleh pemilik proyek.

Catatan: Daftar harga pasang keramik dinding harian di atas bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Cara Menghitung Biaya Pasang Keramik Dinding

Cara Menghitung Biaya Pasang Keramik Dinding

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga pasang keramik dinding borongan ataupun harian untuk semua jenis beserta ukurannya. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah menyadari bahwa membangun ataupun merenovasi rumah menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan dengan matang sejak awal.

Dimana, nantinya kalian perlu melakukan perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) pembangunan rumah, termasuk dalam kegiatan pemasangan keramik dinding. Tujuannya yaitu agar nantinya proses pembangunan dapat berlangsung sesuai dengan keinginan tanpa mengalami kendala yang berpotensi merugikan pemilik rumah.

Maka dari itu, merencanakan biaya pengerjaan pemasangan keramik dinding perlu dilakukan dengan matang sejak awal agar terhindar dari kelebihan ataupun pembengkakan budget pembangunan. Nah, sebagai informasi tambahan, berikut juga akan kami berikan tata cara menghitung biaya pasang keramik dinding sistem borongan maupun harian.

Sistem Borongan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pekerja borongan menentukan upah atau harga jasa dengan hitungan per meter persegi. Sebagai contoh kalian ingin memasang keramik dinding kamar mandi berukuran 20 x 25 cm dengan total luas permukaan sekitar 10 meter persegi, maka cara perhitungannya akan seperti di bawah ini.

  • Total harga borongan= Luas permukaan dinding x Harga borongan per meter.
  • Total harga borongan= 10 m2 x Rp 35.000.
  • Total harga borongan= Rp 350.000.

Melalui data perhitungan di atas, maka total kebutuhan anggaran biaya pemasangan keramik dinding kamar mandi menggunakan tukang borongan berada di kisaran Rp 350.000. Dimana besaran anggaran biaya tersebut nantinya hanya digunakan untuk ongkos jasa pekerja bangunan saja, belum mencakup pembelian bahan material.

Sistem Harian

Sementara untuk sistem harian sebenarnya perhitungannya jauh lebih sederhana. Pasalnya, nantinya kalian hanya perlu mengalikan harga jasa tukang harian dengan jumlah hari yang mereka butuhkan untuk mengerjakan pemasangan keramik dinding.

Misalkan kalian ingin memasang keramik dinding dapur menggunakan tukang harian selama 3 hari, maka kalian membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 345.000 (3 hari x Rp 115.000). Perlu diingat, total biaya tersebut nantinya hanya mencakup ongkos tukang, belum termasuk bahan material.

Baca juga: Ciri-Ciri Rumah Ramah Lingkungan, Manfaat dan Cara Membuat

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa proses pemasangan keramik dinding kini dapat dilakukan menggunakan dua metode, yakni borongan ataupun harian. Tidak hanya dari segi harga, namun proses pengerjaan hingga kualitas hasil akhir yang dilakukan oleh pekerja borongan maupun harian juga biasanya akan mempunyai sejumlah perbedaan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Tukangarsitek.com seputar daftar harga pasang keramik dinding semua jenis dan ukuran, entah itu untuk tukang borongan maupun harian. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika sedang mencari pekerja untuk memasang keramik dinding di rumah.

Tinggalkan komentar