Harga Borongan Pondasi Batu Kali Per M3 Plus Material 2024

Pondasi batu kali masih menjadi salah satu jenis konstruksi bangunan yang diklaim mampu menurunkan risiko kerusakan sehingga rumah tidak mudah ambruk. Untuk saat ini, proses pemasangan pondasi batu kali dapat dilakukan menggunakan metode borongan dengan hitungan upah atau harga jasa per meter kubik (m3).

Sebagaimana diketahui, perhitungan harga borongan pondasi batu kali per m3 tersebut perlu dilakukan sejak awal dengan matang oleh setiap orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab perhitungan ini akan membantu kalian agar terhindar dari risiko kelebihan ataupun pembengkakan anggaran dana pembangunan.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui berapa daftar harga borongannya. Perlu diingat, daftar harga borongan pondasi batu kali per m3 nantinya bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Maka dari itu, apabila di antara kalian berencana ingin membangun rumah menggunakan pondasi batu kali, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu kisaran harga borongannya. Untuk membantunya, di bawah ini akan kami jelaskan mengenai daftar harga borongan pondasi batu kali per m3, entah itu borongan sebagian ataupun penuh.

Karakteristik Pondasi Batu Kali

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga borongan pondasi batu kali per m3 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga karakteristiknya. Sesuai namanya, pondasi batu kali merupakan jenis pondasi bangunan yang memanfaatkan batu kali sebagai bahan material utamanya.

Dimana batu kali sendiri merupakan batuan alam yang mempunyai ukuran besar serta bentuk tidak beraturan. Batu kali terbentuk karena kikisan air yang dipengaruhi oleh kecepatan aliran sungai sehingga menentukan seberapa cepat batuan tersebut terbentuk menjadi sebuah batu kali.

Baca juga: Biaya Ngedak Rumah Dengan Bondek dan Cara Hitung Per m2

Di Indonesia, pondasi batu kali seringkali digunakan dalam pembangunan konstruksi rumah tinggal maupun gedung perkantoran, terutama pada bangunan dengan tingkat kepadatan tanah rendah atau rawan terhadap gempa bumi. Selain itu, pondasi batu kali juga seringkali dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lanskap hingga drainase.

Fungsi Pondasi Batu Kali

Tidak hanya harus mengetahui daftar harga borongan pondasi batu kali per m3, tentunya kalian juga harus memahami apa saja fungsi struktur bangunan tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pondasi batu kali memegang peranan cukup penting di dalam berdirinya suatu konstruksi bangunan.

Pondasi batu kali mempunyai fungsi utama sebagai elemen dasar yang menopang beban struktural dalam mendistribusikan beban bangunan secara merata pada tanah. Selain itu, pondasi batu kali juga mempunyai beberapa fungsi penting lainnya di dalam suatu konstruksi bangunan, di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mampu meminimalisir kebocoran air ke dalam bangunan.
  • Tergolong cukup efektif dalam menahan gempa.
  • Mampu memperkokoh struktur konstruksi bangunan.

Harga Borongan Pondasi Batu Kali Per M3

Setelah memahami sekilas pengertian, karakteristik hingga fungsi pondasi batu kali, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai kisaran harga borongan pengerjaannya. Seperti sudah disinggung di awal, upah jasa borongan pengerjaan pondasi batu kali nantinya dihitung menggunakan satuan per meter kubik (m3).

Seperti halnya harga borongan pasang keramik dinding, ongkos jasa borongan pondasi batu kali per m3 juga nantinya bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beragam faktor. Adapun beberapa faktor yang mampu mempengaruhi total harga borongan bangunan di antaranya yaitu seperti lokasi pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pengerjaannya.

Di dalam upah jasa borongan pembuatan pondasi batu kali per m3, nantinya akan ada sejumlah komponen penting yang mempengaruhinya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rincian harga borongan pondasi batu kali per m3 di semua daerah berikut ini.

Bahan Material

Elemen penting pertama di dalam pengerjaan borongan pondasi batu kali per m3 yaitu bahan material bangunannya. Terdapat beberapa komposisi material bahan bangunan di dalam pembuatan pondasi batu kali, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

KeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Batu kali 15 / 20 cm1.2m3Rp150.000Rp 180.000
Pasir pasang (PP)520m3Rp150.000Rp 78.000
Semen / PC165m3Rp1.500Rp 247.500
Jumlah TotalRp 505.500

Upah Tukang

Di dalam daftar upah jasa borongan pondasi batu kali per m3, upah tukang juga menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan. Di bawah ini akan kami berikan daftar rincian upah jasa pekerja di dalam proses pembuatan pondasi batu kali.

Baca juga: 25 Teras Rumah Sederhana Tapi Elegan, Minimalis Bikin Betah

KeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Kepala tukang75OHRp55.000Rp 4.125
Pekerja1.5OHRp40.000Rp 60.000
Tukang batu75OHRp50.000Rp 3.750
Mandor75OHRp60.000Rp 4.500
Jumlah TotalRp 72.375

Dari data tabel di atas, total harga borongan pondasi batu kali per meter kubik plus material yaitu kurang lebih sekitar Rp 577.875, hasil penjumlahan kebutuhan bahan material (Rp 505.500) dengan upah jasa pekerja bangunan (Rp 72.375. Sebagai informasi tambahan, penggunaan mandor hingga kepala tukang sebenarnya dapat ditiadakan apabila proses pengerjaan pondasi batu kali dalam proyek skala kecil.

Cara Menghitung Biaya Borongan Pondasi Batu Kali

Kurang lengkap rasanya apabila sudah memahami daftar harga borongan pondasi batu kali per m3, namun belum mengetahui bagaimana tata cara perhitungannya. Supaya bisa mendapatkan hasil lebih akurat, sebenarnya kalian harus menggunakan rumus perhitungan total volume pondasi batu kali. Berikut adalah contoh perhitungannya.

Misalkan kalian ingin membangun pondasi batu kali untuk pagar rumah sepanjang 10 meter dengan luas penampang 12.5 meter persegi, maka total volume pekerjaannya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Volume pondasi= Luas penampang x Panjang pondasi.
  • Volume pondasi= 12.5 m2 x 10 m.
  • Volume pondasi= 125 m3.

Setelah mengetahui volume total pondasi batu kali, maka tinggal mencari berapa kebutuhan anggaran biaya untuk pembangunannya. Tata cara menghitungnya sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengalikan volume pondasi batu kali dengan harga borongan per meter kubik.

  • Total biaya borongan= Volume pondasi x Harga borongan per m3.
  • Total biaya borongan= 125 m3 x Rp 577.875.
  • Total biaya borongan= Rp 72.234.375.

Dari data perhitungan di atas, maka total anggaran biaya untuk membangun pondasi batu kali sepanjang 10 meter menggunakan pekerja borongan penuh yaitu kurang lebih sekitar Rp 72 jutaan. Perlu diingat, di dalam anggaran biaya tersebut nantinya sudah mencakup pembelian bahan material hingga ongkos pekerja borongan.

Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Batu Kali

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pondasi batu kali per m3 di semua daerah disertai dengan contoh perhitungannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pondasi batu kali mampu membuat bangunan lebih kokoh dan kuat dalam menopang struktur di atasnya.

Meskipun begitu, pondasi batu kali juga mempunyai sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membangun pondasi batu kali, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan

  • Menekan risiko kebocoran.
  • Proses pembangunan konstruksi lebih cepat.
  • Mampu menambah kekuatan masa bangunan.
  • Tahan terhadap guncangan.
  • Biaya pembangunan lebih terjangkau.
  • Mudah menyesuaikan ukuran sesuai kebutuhan.

Baca juga: 15 Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus dan Tips Memilihnya

Kekurangan

  • Mudah retak.
  • Kurang bisa saling mencengkeram.
  • Kurang cocok digunakan pada bangunan bertingkat.
  • Lebih direkomendasikan untuk area pembangunan stabil.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Tukangarsitek.com seputar daftar harga borongan pondasi batu kali per m3 di semua daerah disertai dengan tata cara menghitung anggaran biaya pembangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin membangun rumah menggunakan pondasi batu kali.

Tinggalkan komentar