Cara Menentukan Titik Awal Pasang Keramik Lantai Untuk Pemula

Seperti diketahui, pemasangan keramik lantai menjadi hal penting perlu dipersiapkan dengan matang sejak awal ketika ingin membangun ataupun merenovasi rumah. Namun, apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara menentukan titik awal pasang keramik lantai?

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya menentukan titik awal pasang keramik lantai nantinya akan menentukan keberhasilan pemasangan selanjutnya. Nantinya tukang atau pekerja tidak boleh meninggalkan satu langkah pun dalam tahapan pemasangan keramik lantai.

Meskipun terdengar mudah dilakukan, namun menentukan titik awal pasang keramik lantai membutuhkan adanya ketelitian serta konsentrasi tinggi. Maka dari itu, menentukan titik awal pemasangan keramik lantai tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Nah, apabila di antara kalian berencana ingin memasang keramik lantai di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu cara menentukan titik awalnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara menentukan titik awal pasang keramik lantai semua ukuran.

Fungsi Titik Awal Pasang Keramik Lantai

Fungsi Titik Awal Pasang Keramik Lantai

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menentukan titik awal pasang keramik lantai lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian maupun fungsinya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, pemasangan keramik lantai merupakan salah satu proses penting dalam merenovasi atau membangun ruangan.

Adapun salah satu langkah krusial di dalam proses pemasangan keramik yaitu menentukan titik awal secara tepat. Dimana titik awal yang dipilih nantinya akan mempengaruhi tampilan serta keberhasilan pemasangan keramik lantai selanjutnya secara keseluruhan, entah itu di bagian interior ruangan ataupun pada eksterior ruangan seperti teras rumah.

Baca juga: 25 Rekomendasi Keramik Dinding Ruang Tamu Setengah Badan

Sesuai namanya titik awal atau start point berfungsi untuk menentukan arah buangan potongan dari keramik lantai yang ingin dipasang. Di dalam penentuan titik awal, dibutuhkan adanya pekerjaan benang supaya pemasangan keramik lantai bisa siku serta rata.

Adapun proses penentuan titik awal pasang keramik membutuhkan ketelitian serta konsentrasi tinggi oleh para pekerja. Maka dari itu, setiap pekerja perlu mengikuti titik awal yang sudah direncanakan oleh arsitek supaya hasil akhir pekerjaan pasang keramik lantai bisa sesuai dengan harapan dan keinginan pemilik rumah.

Cara Menentukan Titik Awal Pasang Keramik Lantai

Tata Cara Menentukan Titik Awal Pasang Keramik Lantai

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, menentukan titik awal pemasangan keramik lantai menjadi poin krusial di dalam proses pembangunan rumah. Dimana kegiatan tersebut nantinya membutuhkan adanya ketelitian serta konsentrasi tinggi dari para tukang ataupun pekerja.

Secara garis besarnya, untuk menentukan start point pasang keramik lantai, terdapat sejumlah tahapan penting perlu dilakukan. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menentukan titik awal pasang keramik lantai semua ukuran berikut ini.

1. Mengukur Ruangan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan desain tata letak sesuai kebutuhan dan keinginan. Langkah ini nantinya akan membantu kalian dalam memvisualisasikan mengenai bagaimana keramik lantai akan terlihat di ruangan tersebut.

Selain itu, kalian juga nantinya harus menghitung luas ukuran ruangan secara teliti. Perhitungan ukuran ruangan tersebut nantinya dapat dilakukan menggunakan alat pengukur seperti meteran bangunan guna memastikan terkait ketepatan hasil pengukuran.

2. Memasang Benang

Setelah mendapatkan data pengukuran secara akurat, cara menentukan titik awal pasang keramik lantai selanjutnya yaitu memasang benang nylon. Benang tersebut berfungsi sebagai penanda untuk menggambarkan ukuran secara visual.

Silakan pasang benang dari satu ujung ke ujung ruangan lainnya sampai membentuk garis imajiner yang menghubungkan titik-titik di dalam ruangan yang akan dipasangi keramik lantai. Tujuannya yaitu untuk membantu kalian mengidentifikasi titik awal secara lebih tepat serta presisi.

3. Mengukur Keramik Lantai

Kemudian langkah berikutnya menjadi tahap sangat penting untuk diperhatikan. Tahap ini wajib dilakukan agar nantinya kalian bisa memperkirakan jumlah kebutuhan keramik lantai secara tepat sehingga dapat terhindar dari kekurangan atau bahkan kelebihan material.

Pastikan kalian mengukur dari sudut ke sudut serta mencatat semua hasil pengukuran secara teliti. Apabila area ruangan mempunyai bentuk kompleks, kalian bisa membaginya menjadi beberapa bentuk sederhana seperti persegi atau persegi panjang lalu mengukur setiap bagian secara terpisah.

4. Pasang Keramik Lantai dari Depan

Pada saat memasang keramik lantai, titik awal pemasangan menjadi kunci untuk mencapai hasil maksimal serta mendapat tampilan indah. Pada umumnya, peletakan keramik lantai pertama dimulai dari area pintu masuk, entah itu di ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi atau ruangan-ruangan lainnya.

Teknik pasang keramik lantai yang dimulai dari area tersebut akan memberi keuntungan bagi tukang untuk melanjutkan pemasangan di area lainnya dengan lebih ancar. Salah satunya yaitu memudahkan kalian dalam menentukan titik simetri dengan lebar ruangan secara keseluruhan.

Baca juga: 15 Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus dan Tips Memilihnya

Saran kami, sebaiknya hindari pasang keramik lantai di area tengah ruangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya memulai pasang keramik lantai di area tengah ruangan bisa menyulitkan tukang dalam menentukan titik simetri secara tepat.

Perlu diingat, cara menentukan titik awal pasang keramik lantai juga tidak lepas dari pengukuran kusen pintu ruangan. Pasalnya, dari hasil perhitungan tersebut, nantinya kalian bisa menemukan poros tengah pintu. Dimana poros tengah ini menjadi patokan dalam menentukan titik awal pemasangan keramik lantai.

5. Alur Pasang Keramik Lantai

Apabila sudah menentukan titik awal, maka kalian bisa segera lanjut ke proses pemasangan keramik lantai berikutnya. Seperti halnya pemasangan keramik dinding, terdapat beberapa hal penting di dalam proses pasang keramik lantai pada suatu bangunan, entah itu rumah tinggal maupun gedung perkantoran. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  • Persiapkan Mortar Perekat
    • Saran kami sebaiknya pilih mortar perekat keramik sesuai dengan jenis bahan material yang akan dipasang. Selain itu, pastikan juga kalian mengikuti petunjuk produsen mengenai penggunaan maupun pencampuran mortar dengan benar.
    • Silakan gunakan cetok bergerigi untuk mengaplikasikan mortar ke dasar lantai ruangan. Dimana penggunaan cetok bergerigi tersebut akan memastikan adhesi yang baik antara lantai dan keramik.
  • Aplikasikan Mortar Secara Merata
    • Oleskan mortar secara merata ke area lantai pekerjaan. Pastikan permukaan lantai tertutup dengan mortar sehingga keramik bisa melekat secara sempurna.
    • Sebaiknya gunakan jumlah mortar yang cukup untuk 2 sampai 4 keramik lantai saja dalam satu kali aplikasi. Tujuannya yaitu untuk memastikan agar mortar tidak cepat mengering sehingga daya rekatnya tetap efektif.
  • Pasang Keramik Lantai
    • Setelah mengaplikasikan mortar, pasang keramik lantai secara hati-hari sesuai dengan kebutuhan ataupun keinginan pola. Tekan keramik secara perlahan untuk memastikan kontak yang baik antara keramik dengan mortar.

6. Pasang Nat Keramik Lantai

Tahap terakhir di dalam cara menentukan titik awal pasang keramik lantai yaitu pemasangan nat. Nat merupakan istilah bahan yang digunakan untuk mengisi celah antar keramik lantai. Jadi, silakan isikan nat pada bagian celah antar keramik lantai secara merata sampai tidak ada ruang kosong tersisa.

Setelah menutup celah dengan nat, cara berikutnya segera bersihkan sisa-sisa nat di permukaan keramik lantai. Langkah ini penting untuk dilakukan karena semen yang sudah mengering nantinya akan sulit untuk dihapus dari permukaan keramik lantai.

Tips Memasang Keramik Lantai

Tips Memasang Keramik Lantai

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara menentukan titik awal pasang keramik lantai semua ukuran di berbagai jenis ruangan. Nah, sebagai informasi tambahan, di bawah ini juga akan kami berikan sejumlah tips dalam pemasangan keramik lantai.

  • Pilih keramik senada dari dinding hingga lantai ruangan.
  • Jangan lupa memberikan nat di celah-celah antar keramik lantai.
  • Lakukan perendaman keramik lantai sebelum dipasang.
  • Pilih jenis keramik lantai sesuai dengan tujuan pemasangannya.

Baca juga: 15 Model Plafon Kamar Tidur Ukuran 3×3 Elegan dan Sederhana

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Tukangarsitek.com seputar cara menentukan titik awal pasang keramik lantai semua ukuran di berbagai jenis ruangan pada rumah tinggal. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin menentukan titik awal pemasangan keramik lantai.

Tinggalkan komentar