Kamar Mandi Budget 3 Juta dari Nol, Ini Rinciannya!

Sebagaimana diketahui, kamar mandi menjadi salah satu jenis ruangan yang harus ada pada suatu bangunan, entah itu pada rumah tinggal, gedung perkantoran dan lain sebagainya. Namun, apakah kalian tahu bahwa membangun kamar mandi sebenarnya cukup dengan budget minimal Rp 3 juta?

Bermodalkan anggaran budget 3 juta, pembangunan kamar mandi tersebut harus memperhatikan pemilihan elemen-elemen di dalamnya. Sebagai contoh, apakah kalian ingin menggunakan shower yang nyaman, wastafel elegan atau mungkin perlengkapan sanitasi berkualitas tinggi?

Semua unsur maupun komponen tersebut tentu harus diperhitungkan secara matang sejak awal sebelum proses pembangunan dilakukan. Tujuannya yaitu agar proses pembangunan kamar mandi tidak melebihi target anggaran budget, dalam hal ini yaitu tidak lebih dari Rp 3 juta.

Maka dari itu, apabila di antara kalian ingin membangun kamar mandi dengan anggaran dana Rp 3 juta, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara perhitungannya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan mengenai rincian biaya membuat kamar mandi budget 3 juta.

Kebutuhan Material Kamar Mandi Budget 3 Juta

Kebutuhan Material Kamar Mandi Budget 3 Juta

Ketika ingin menghitung rincian biaya membangun kamar mandi budget 3 juta, tentu kalian harus memahami apa saja kebutuhan material konstruksi bangunan tersebut. Secara garis besarnya, kamar mandi dengan anggaran dana Rp 3 juta termasuk ke dalam konstruksi sederhana.

Sebagai ruangan dengan fungsi semi primer, memang benar bahwa kamar mandi tidak selalu aktif selama 24 jam penuh. Meskipun demikian, ruangan kamar mandi di dalam suatu hunian mempunyai peran vital, sama seperti halnya ruangan dapur.

Baca juga: Ciri-Ciri Rumah Ramah Lingkungan, Manfaat dan Cara Membuat

Maka dari itu, selain harus menentukan desain atau model, memilih jenis bahan material hingga perlengkapan perabotan kamar mandi juga perlu dipertimbangkan. Daripada penasaran, berikut adalah daftar kebutuhan material saat membangun kamar mandi budget 3 juta.

1. Keramik Lantai

Keramik lantai menjadi salah satu bahan utama yang perlu diperhatikan. Saran kami sebaiknya pilih material keramik lantai yang tidak licin untuk meminimalisir kemungkinan terpeleset. Sementara dari segi ukuran, kalian bisa memilih sesuai keinginan serta selera masing-masing.

2. Keramik Dinding

Jenis material selanjutnya yang penting untuk diperhatikan saat membuat kamar mandi sederhana yaitu keramik dinding. Kini sudah tersedia cukup banyak motif atau warna keramik kamar mandi beragam ukuran yang bisa dipilih sesuai keinginan serta kebutuhan.

3. Kloset

Kemudian kloset juga termasuk ke dalam komponen utama di dalam sebuah kamar mandi. Karena anggaran budget pembangunan kamar mandi terbatas, saran kami sebaiknya gunakan kloset jongkok. Pasalnya, harga kloset jongkok bisa jauh lebih murah dua kali lipat dibandingkan kloset duduk.

4. Shower

Meskipun pembuatan kamar mandi mengusung konsep sederhana, namun pemilihan shower sebenarnya dapat menjadi opsi paling tepat. Pasalnya, shower tidak akan terlalu memakan tempat seperti bak mandi serta bisa menghemat penggunaan air.

5. Perabotan Lainnya

Selain beberapa elemen penting di atas, kalian juga perlu memperhatikan pemilihan perlengkapan perabotan kamar mandi lainnya. Salah satu contohnya yaitu memilih rak untuk meletakkan perlengkapan kamar mandi dengan harga terjangkau. Tujuannya yaitu agar membuat kamar mandi tampak lebih rapi.

Biaya Membuat Kamar Mandi Budget 3 Juta

Biaya Membuat Kamar Mandi Budget 3 Juta

Setelah merencanakan semua kebutuhan material dalam pembangunan kamar mandi sederhana, maka selanjutnya tinggal mencari tahu perhitungan rincian biayanya. Dengan anggaran dana kurang lebih sebesar Rp 3 juta, idealnya kalian bisa membangun kamar mandi berukuran 2×2 m.

Dengan ukuran tersebut, kalian bisa mendapatkan ruangan kamar mandi seluas 4 meter persegi. Dimana ukuran tersebut tergolong cukup ideal untuk sebuah kamar mandi di rumah tinggal. Agar lebih jelasnya, berikut adalah contoh perhitungan rincian biaya bangun kamar mandi budget 3 juta.

1. Kebutuhan Material

Hal penting pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin membangun kamar mandi ukuran 2×2 m dengan budget tidak lebih dari Rp 3 juta yaitu pembelian bahan material. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kalian bisa memilih material-material tertentu saja untuk pembangunan kamar mandi.

Baca juga: Harga Pasang Keramik Dinding Borongan dan Harian 2024

Namun, perlu diingat bahwa jangan sampai kalian tergiur harga material murah. Pasalnya, harga murah tidak bisa menjamin kualitas bahan material tersebut. Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya pembelian bahan material dalam pembuatan kamar mandi sederhana.

  • Keramik lantai: Rp 180.000
  • Keramik dinding: Rp 200.000
  • Semen 7 sak (@Rp 53.000): Rp 371.000
  • Pasir: Rp 180.000
  • Kloset jongkok: Rp 300.000
  • Cat tembok: Rp 120.000
  • Rak kamar mandi: Rp 150.000
  • Shower: Rp 200.000

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan anggaran dana untuk pembelian bahan material pembangunan kamar mandi kurang lebih sekitar Rp 1.701.000. Perlu diingat, harga material bangunan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu serta berbeda di sejumlah wilayah.

2. Ongkos Pekerja

Hal penting selanjutnya di dalam pembuatan kamar mandi budget Rp 3 juta yaitu perhitungan ongkos pekerja bangunannya. Perlu diketahui, proses pembangunan kamar mandi ukuran 2×2 m biasanya bisa dilakukan oleh 1 orang pekerja selama kurang lebih sekitar 7 hari.

Misalnya ongkos tukang bangunan per hari di kota-kota besar adalah sekitar Rp 150.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran budget minimal Rp 1.050.000. Upah tersebut biasanya sudah full untuk pekerja tanpa pemberian makan ataupun uang untuk transport.

Melalui data perhitungan di atas, maka pembuatan kamar mandi sederhana ukuran 2 m x 2 m tidak akan melebihi budget Rp 3.000.000, yakni hanya di kisaran Rp 2.751.000. Kami ingatkan sekali lagi, bahwa rincian biaya pembangunan kamar mandi tersebut bisa saja berubah tergantung pada harga material hingga ongkos para pekerja.

Selain itu, di dalam rincian anggaran biaya pembangunan kamar mandi di atas juga nantinya belum termasuk pemasangan plafon atau langit-langit. Jika ingin memasang plafon, maka tentunya kalian perlu mempersiapkan anggaran dana tambahan untuk pembelian material hingga upah jasa para pekerja.

Tips Membuat Kamar Mandi Sederhana

Tips Membuat Kamar Mandi Sederhana

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya membangun kamar mandi sederhana budget 3 juta, entah itu dari segi kebutuhan material hingga ongkos jasa para pekerja. Mengingat anggaran dana pembangunan kamar mandi tergolong cukup terbatas, maka kalian harus memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Oleh karena itu, pembuatan kamar mandi sederhana tersebut sebaiknya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, dibutuhkan adanya perhitungan matang sejak awal. Nah, sebagai informasi tambahan, berikut akan kami berikan beberapa tips membangun kamar mandi sederhana dengan budget minim.

Baca juga: 25 Rekomendasi Keramik Dinding Ruang Tamu Setengah Badan

  • Survei terlebih dahulu harga material hingga ongkos tukang sebelum membangun kamar mandi.
  • Kalian bisa mendapatkan barang murah dengan cara membelinya dari teman atau mencari material bekas namun masih berkualitas.
  • Apabila kamar mandi minim jendela, aplikasikan cat putih.
  • Pasang cermin berukuran lebar agar mampu memberikan kesan luas pada ruangan.
  • Gunakan penerangan yang sesuai.
  • Pilih keramik yang reflektif untuk lantai kamar mandi agar bisa meningkatkan kecerahan ruangan.
  • Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta keindahan detail kecil di dalam kamar mandi.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa dengan anggaran dana Rp 3 juta, kalian bisa membuat kamar mandi sederhana yang mengusung konsep minimalis. Namun, untuk membangun kamar mandi tersebut, tentunya kalian harus memperhitungkan rencana anggaran biaya pembangunan secara matang sejak awal.

Itulah sekiranya penjelasan dari Tukangarsitek.com seputar perhitungan biaya membuat kamar mandi budget 3 juta disertai sejumlah tips membangunnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin membangun kamar mandi sederhana di rumah.

Tinggalkan komentar