Harga Pasang Plafon PVC Per Meter 2024, Material dan Tenaga

PVC menjadi salah satu bahan material bangunan yang seringkali dimanfaatkan dalam pembuatan plafon atau langit-langit bangunan, entah itu pada rumah tinggal ataupun gedung perkantoran. Pada umumnya, para kontraktor menentukan harga jasa pasang plafon PVC dengan hitungan per meter.

Secara garis besarnya, nantinya harga pasang plafon PVC per meter akan dipengaruhi oleh berbagai macam hal, terutama dari segi ukuran materialnya. Selain itu, model plafon, tingkat kesulitan hingga risiko pengerjaannya juga sebenarnya mampu mempengaruhi upah tukang bangunan.

Dengan mengetahui harga jasa pasang plafon PVC per meter, nantinya hal ini akan membantu kalian dalam merencanakan anggaran biaya pembangunan. Jadi, adanya kesalahan perhitungan yang mengakibatkan pembengkakan budget pembangunan plafon tentu akan menjadi lebih minim.

Nah, apabila di antara kalian berencana ingin memasang plafon PVC di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa daftar harga pemasangannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai harga pasang plafon PVC per meter semua model beserta ukurannya.

Model Plafon PVC

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga pasang plafon PVC per meter persegi lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga beberapa contoh modelnya. Seperti sudah disinggung di awal, PVC menjadi salah satu jenis bahan material bangunan yang sering dimanfaatkan dalam pembuatan plafon rumah.

Sesuai namanya, plafon PVC merupakan plafon yang terbuat dari bahan PVC atau Polyvinyl Chloride dengan sejumlah keunggulannya. Tidak hanya untuk ruang tamu saja, namun PVC juga seringkali dimanfaatkan dalam pembangunan plafon kamar tidur, dapur bahkan di area eksterior seperti teras rumah.

Baca juga: Kamar Mandi Budget 3 Juta dari Nol, Ini Rinciannya!

Jadi, dapat diartikan bahwa mungkin sebelumnya plafon PVC hanya terbatas pada bangunan mewah seperti hotel, restoran atau apartemen, namun kini material tersebut kini juga bisa diaplikasikan pada hunian sebagai rumah tinggal. Sebagai bahan gambaran, berikut akan kami berikan beberapa contoh model plafon PVC.

  • Plafon PVC bergelombang.
  • Plafon PVC anyaman.
  • Plafon PVC polos.
  • Plafon PVC motif kayu.
  • Plafon PVC motif batu alam.
  • Plafon PVC motif bata ekspos.
  • Plafon PVC motif minimalis.

Ukuran Plafon PVC

Ketika ingin mencari tahu berapa daftar harga pasang plafon PVC per meter, maka tentunya kalian harus memahami berapa standar ukuran bahan material bangunan tersebut. Seperti diketahui, di pasaran Indonesia sendiri plafon PVC tersedia dalam beragam jenis, motif hingga ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan konstruksi bangunan.

Meskipun begitu, material PVC yang seringkali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plafon rumah yaitu mempunyai ukuran panjang sekitar 2 meter, 3 meter, 4 meter hingga 5 meter per lembarnya. Sementara untuk lebar plafon PVC kurang lebih sekitar 24 cm (lebar kotor) ataupun 20 cm (lebar bersih) per lembarnya.

Harga Pasang Plafon PVC Per Meter

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa di Indonesia saat ini tersedia dua pilihan pekerja bangunan dengan sistem borongan, yakni borongan non material serta borongan plus material. Tentunya setiap jenis pekerja borongan tersebut mempunyai keunggulan serta kelemahannya masing-masing.

Di beberapa kota-kota besar, harga jasa pasang plafon PVC non material saat ini berada di kisaran Rp 45.000 sampai Rp 60.000 per meter perseginya. Perlu diingat, di dalam harga borongan tersebut nantinya pihak kontraktor atau pemborong hanya menyediakan tenaga jasa pekerja bangunannya saja.

Berbeda halnya dengan harga borongan plus material, nantinya pihak kontraktor akan menyediakan tenaga kerja hingga kebutuhan bahan material pemasangan plafon PVC. Artinya, ketika menggunakan pekerja borongan plus material, nantinya kalian hanya akan terima beres saja.

Dengan kata lain, semua kebutuhan konstruksi pembangunan plafon PVC akan ditanggung oleh pihak pemborong secara keseluruhan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga pasang plafon PVC semua ukuran dan model per meter perseginya.

Jenis Plafon PVCHarga Jasa Per Meter
Plafon PVC StandarRp 200.000 – Rp 250.000
Plafon PVC GoldenRp 200.000 – Rp 250.000
Plafon PVC WifonRp 200.000 – Rp 250.000
Plafon PVC SumaRp 220.000 – Rp 270.000
Plafon PVC EvoRp 230.000 – Rp 280.000
Plafon PVC ShundaRp 330.000 – Rp 380.000

Dari tabel daftar harga borongan di atas dapat disimpulkan bahwa upah jasa pasang plafon PVC per meter nantinya akan dipengaruhi oleh model, ukuran hingga merk material. Selain itu, perlu diingat pula bahwa harga borongan tersebut tentu bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Baca juga: Harga Pasang Keramik Dinding Borongan dan Harian 2024

Cara Menghitung Biaya Pasang Plafon PVC

Setelah mengetahui daftar harga pasang plafon PVC per meter untuk semua jenis, merk beserta ukurannya, maka selanjutnya tinggal memahami bagaimana cara menghitungnya. Sebenarnya perhitungan biaya pasang plafon PVC tergolong cukup mudah untuk dilakukan, hampir sama seperti saat ingin menghitung ongkos jasa pasang keramik dinding.

Nantinya, kalian perlu mencari tahu luas bidang pekerjaan plafon PVC terlebih dahulu, lalu mengalikannya dengan harga jasa pemasangan per meter perseginya. Sebagai contoh kalian ingin memasang plafon PVC merk Shunda pada ruangan kamar tidur berukuran 4 m x 4 m, maka tata cara perhitungannya akan seperti di bawah ini.

  • Luas Plafon PVC
    • Luas= Panjang x Lebar.
    • Luas= 4 m x 4 m.
    • Luas= 16 m2.
  • Biaya Pasang Plafon Non Material
    • Biaya= Luas plafon x Harga jasa per meter.
    • Biaya= 16 m2 x Rp 45.000 s/d Rp 60.000.
    • Biaya = Rp 720.000 s/d Rp 960.000.
  • Biaya Pasang Plafon Plus Material
    • Biaya= Luas plafon x Harga jasa per meter.
    • Biaya= 16 m2 x Rp 330.000 s/d Rp 380.000.
    • Biaya= Rp 5.280.000 s/d Rp 6.080.000.

Melalui data perhitungan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk membangun plafon PVC merk Shunda pada ruangan kamar tidur berukuran 4 x 4 m, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sekitar Rp 720.000 hingga Rp 960.000 jika menggunakan borongan non material. Sementara jika ingin menggunakan borongan plus material, maka biayanya akan jauh lebih mahal, yaitu sekitar Rp 5.280.000 sampai Rp 6.080.000, sudah mencakup material plafon PVC hingga rangka strukturnya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga pasang plafon PVC per meter untuk semua model, merk hingga ukurannya. Seperti diketahui, setiap bahan material bangunan tentu mempunyai karakteristiknya masing-masing, termasuk PVC yang dimanfaatkan dalam pembangunan plafon.

Artinya, terdapat beberapa keunggulan serta kelemahan yang harus diperhatikan ketika ingin membeli ataupun menggunakan PVC sebagai plafon rumah. Nah, sebagai informasi tambahan, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan beserta kekurangan PVC sebagai bahan pembuatan plafon rumah.

Kelebihan

  • Tahan api.
  • Anti rayap dan anti karat.
  • Tahan air.
  • Anti jamur.
  • Mempunyai kekuatan dan daya tahan lama.
  • Tersedia dalam beragam motif.
  • Proses pemasangan mudah serta cepat.
  • Hemat biaya serta tidak membutuhkan finishing.
  • Mudah dibersihkan.

Baca juga: 25 Teras Rumah Sederhana Tapi Elegan, Minimalis Bikin Betah

Kekurangan

  • Proses pembuatan menggunakan klorun.
  • Kurang menarik secara visual.
  • Proses pemasangan membutuhkan ketelitian tinggi.
  • Kurang tahan terhadap sinar matahari secara langsung.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini harga jasa pemasangan plafon PVC per meter persegi bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor. Adapun sejumlah hal yang mampu mempengaruhinya yaitu seperti model plafon, tingkat kesulitan pemasangan hingga risiko pengerjaannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Tukangarsitek.com seputar harga pasang plafon PVC per meter untuk semua model, merk hingga ukuran disertai contoh cara perhitungannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin memasang plafon PVC di rumah menggunakan jasa tenaga borongan per meter.

Tinggalkan komentar