10 Model Kanopi Jendela Cor Beton Minimalis Modern Terbaru

Kanopi jendela cor merupakan elemen eksterior pada bangunan yang terdapat diatas jendela, dengan model kanopi jendela cor sangat bervariasi yang dapat disesuaikan dengan desain dari rumah itu sendiri.

Penggunaan kanopi jendela cor beton tentunya tidak hanya sekedar untuk menunjang penampilan rumah saja, melainkan ada fungsi penting dari penambahan kanopi cor beton pada jendela.

Biaya membuat kanopi jendela cor sendiri dapat disesuaikan dengan model kanopi, atau umumnya akan disatukan dengan biaya membangun rumah. Karena biaya membuat kanopi jendela cor tidak terlalu banyak.

Apabila saat ini ada yang sedang membangun rumah, ataupun ingin menambahkan kanopi jendela cor pada rumah yang sudah ada. Namun masih bingung dengan pilihan model kanopinya, maka bisa menyimak dahulu informasi berikut.

Fungsi Kanopi Jendela Cor Beton

Fungsi kanopi jendela cor beton pada rumah ialah untuk menghalangi air hujan agar tidak langsung mengenai jendela, namun tidak hanya berfungsi untuk menghalangi air hujan saja. Melainkan dapat juga menambah nilai estetika.

Karena itu, pembuatan kanopi jendela cor dibuat dengan berbagai macam model, hal tersebut bertujuan untuk menyelaraskan desain kanopi jendela dengan rumah. Sehingga akan didapati tampilan rumah lebih bagus nantinya.

Selain itu, kanopi jendela cor juga dapat menahan terik matahari secara langsung mengenai ke kaca jendela, sehingga panas matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah. Meskipun tidak semua model dapat melakukan fungsi ini.

Baca Juga: Jenis Batu Alam Untuk Dinding Teras

Ukuran Standar Kanopi Jendela Cor

Untuk ukuran kanopi jendela cor secara umum tidak memiliki ukuran standar, karena ukuran kanopi jendela cor umumnya akan mengikuti ukuran jendela rumah. Terutama untuk ukuran lebar kanopi jendela cor.

Sebagai contoh, jendela rumah memiliki lebar 1 meter. Maka lebar kanopi jendela cor kurang lebih adalah 1,2 meter atau 1,4 meter dan masih bisa disesuaikan lagi sesuai dengan selera masing-masing atau kebutuhan.

Namun untuk ukuran ketebalan kanopi jendela cor umumnya adalah 10 cm sampai 15 cm, bahkan ada model kanopi jendela cor dengan ketebalan kurang dari 10 cm. Hal tersebut tergantung dari struktur tulangan kanopi cor itu sendiri.

Semakin tebal model kanopi, maka harus semakin besar juga tulangan atau besi untuk struktur kanopi cor tersebut. Supaya ketahanan dari kanopi tersebut tetap bagus dalam jangka waktu yang sangat lama.

Baca Juga: Teras Rumah Sederhana Tapi Elegan

Model Kanopi Jendela Cor Terbaru

Pilihan model kanopi jendela cor umumnya sangat banyak, sama banyaknya dengan pilihan model rumah saat ini. Beberapa pilihan model kanopi tersebut diantaranya ada model atap melengkung, gaya eropa, minimalis, modern dan masih banyak lagi.

1. Atap Melengkung

Kanopi Atap Melengkung

Model kanopi jendela pertama ialah model atap melengkung, model ini sebenarnya merupakan kombinasi antara cor dan kayu. Dimana pada bagian penyangga tidak menggunakan cor, melainkan menggunakan kayu.

2. Gaya Eropa

Kanopi Gaya Eropa

Sedangkan untuk model kanopi jendela berikutnya adalah model gaya eropa, model kanopi ini tidak berbeda jauh dengan model pertama. Dimana model ini memadukan antara cor dan kayu untuk bagian penyangganya.

Namun pada bagian atap dibuat flat atau rata, sehingga akan terlihat lebih modern. Namun masih tetap memiliki kesan eropa berkat penyangga yang dibuat dengan adanya sedikit ukuran dan susunan pada bagian bawah atap.

3. Ukiran Klasik

Kanopi Ukiran Klasik

Model kanopi jendela cor berikutnya adalah model ukiran klasik. Model kanopi ini lebih tepat diaplikasikan pada desain rumah dengan konsep klasik juga, karena seluruh ukuran biasanya akan dibuat menyatu.

4. Rumah Pantai

Kanopi Jendela Rumah Pantai

Model kanopi berikutnya hampir mirip dengan model atap melengkung, hanya pada bagian penyangga kanopi ini dibuat rata. Sehingga kanopi ini terlihat tidak memiliki sebuah penyangga.

5. Balkon Klasik

Model Kanopi Jendela Cor Balkon Klasik

Model kanopi jendela berikutnya adalah model balkon bergaya klasik. Model kanopi ini tidak hanya berfungsi seperti kanopi pada umumnya, melainkan dapat difungsikan juga sebagai balkon.

Namun penggunaan model kanopi jendela ini harus memiliki ukuran lebar kurang lebih 1,5 meter, supaya balkon tetap dapat digunakan secara nyaman dan ketebalan kanopi juga harus sesuai standar supaya aman.

6. Simpel Minimalis

Model Kanopi Jendela Cor Simpel Minimalis

Model kanopi jendela cor berikutnya adalah model kanopi simpel minimalis. Model ini mirip dengan model kanopi gaya eropa sebelumnya, yaitu semi cor yang dipadukan bersama kayu sebagai penyangga.

Hanya saja penyanggan pada model kanopi jendela ini dibuat secara sederhana, kemudian ukuran kanopi jendela tersebut tidak terlalu besar dan model atapnya juga dibuat flat atau rata.

7. Modern Sederhana

Model Kanopi Jendela Cor Modern Sederhana

Model kanopi jendela berikutnya adalah model modern sederhana. Model kanopi jendela cor ini menjadi salah satu model paling cukup banyak digunakan di Indonesia, terutama untuk model rumah modern.

8. Klasik Modern

Model Kanopi Jendela Cor Klasik Modern

Model kanopi jendela cor berikutnya tidak berbeda jauh dengan model kanopi sebelumnya, hanya saja bentuk kanopi jendela cor ini sedikit lebih kompleks. Pada bagian penyangga juga dibuat sedikit berbeda.

9. Semi Cor

Model Kanopi Jendela Semi Cor

Model kanopi jendela berikutnya adalah model semi cor, dimana pembuatannya tidak berbeda jauh dengan beberapa model kombinasi lainnya, yaitu memadukan antara cor beton dan kayu sebagai penyangga.

Namun pada model kanopi ini hampir keseluruhan dibuat dengan kayu, penggunaan cor beton hanya digunakan untuk mengunci kayu pada dinding. Sehingga kanopi jendela akan menjadi lebih kokoh.

10. Minimalis Modern

Minimalis Modern

Model kanopi jendela terakhir adalah minimalis modern. Model kanopi jendela ini sebenarnya sangat sederhana, dengan bentuk kanopi persegi panjang mengikuti bentuk dari jendela itu sendiri.

Adapun ketebalan dari kanopi jendela tersebut kurang lebih hanya dibuat 5 cm, sehingga tidak membutuhkan cor benton cukup banyak. Dan model ini juga menjadi salah satu pilihan model kanopi paling banyak digunakan untuk saat ini.

Biaya Membuat Kanopi Jendela Cor

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, biaya membuat kanopi jendela cor dapat disesuaikan dengan model kanopi itu sendiri. Dan pada umumnya biaya pembuatan kanopi jendela cor akan disatukan dengan biaya membangun rumah secara keseluruhan.

Apabila ingin menambahkan kanopi jendela cor beton sendiri, maka biaya yang perlu dihitung ialah biaya membeli pasir, semen dan besi, ditambah dengan upah tenaga cor beton yang disesuaikan dengan ukuran kanopi.

Sebagai contoh, pembuatan kanopi jendela cor membutuhkan 4 sak semen, 1 colt pasir dan besi ukuran 8 mm 6 buah. Dari kebutuhan membuat kanopi jendela cor tersebut ditemukan kisaran biaya sebagai berikut.

MaterialJumlahHarga SatuanTotal Harga
Semen4Rp 56.000Rp 224.000
Pasir1 ColtRp 300.000Rp 300.000
Besi 8 mm6Rp 45.000Rp 270.000
Rp 794.000

Perkiraan biaya material untuk pembuatan kanopi jendela cor ialah Rp 794.000, biaya ini belum termasuk dengan upah tenaga. Untuk kisaran upah tenaga membuat kanopi jendela cor bisa bervariasi, mulai dari Rp 90.000 sampai Rp 150.000.

Upah tenaga pembuatan kanopi jendela cor tersebut tinggal dikalikan dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan, kemudian ditambahkan dengan biaya pembelian material. Sehingga dapat ditemukan seluruh biaya membuat kanopi jendela cor beton.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, model kanopi jendela cor dapat ditentukan sendiri sesuai selera, namun lebih bagus apabila disesuaikan dengan desain rumah. Supaya fasad depan rumah akan terlihat lebih serasi secara keseluruhan.

Dengan ini berakhir sudah informasi mengenai model kanopi jendela cor yang pada kesempatan ini dapat Tukang Arsitek berikan, mudah-mudahan saja informasi diatas dapat memberikan banyak manfaat.

Tinggalkan komentar