Harga Borongan Drainase Per Meter Murah 2024

Harga borongan drainase per meter di Indonesia memang terbilang masih cukup terjangkau. Besaran nominal harganya berkisar antara Rp 75 ribuan hingga Rp 100 ribuan. Tentu nominalnya jauh lebih murah daripada harian.

Namun harga borongan drainase per meter dikategorikan menjadi beberapa bagian, ada yang plus material dan non material. Apabila ingin mendapatkan biaya lebih murah, maka bisa memilih opsi tanpa material.

Namun jika menggunakan opsi non material, maka seseorang harus menyiapkan seluruh keperluan guna membuat drainase. Sebaliknya saat Anda memilih dengan material, biayanya lebih mahal tetapi tidak perlu repot mencari bahan-bahannya.

Tukangarsitek.com telah merangkum informasi mengenai harga borongan drainase sistem per meter, baik dengan material ataupun non material. Apabila ingin mengetahui besaran nominal harganya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Fungsi Drainase

Fungsi Drainase

Drainase termasuk sebagai salah satu sarana umum di mana dibutuhkan oleh banyak orang guna menciptakan lingkungan aman, nyaman, bersih dan bebas banjir. Keberadaan dari komponen bangunan tersebut memang sangat penting. Berikut ada beberapa fungsi dari drainase.

  • Mengatur jalur air agar tidak mengenai suatu area, misalnya jalan maupun perumahan.
  • Mencegah terjadinya banjir akibat air tak terserap ataupun tersalurkan dengan baik.
  • Mencegah bencana lain, seperti erosi di daerah rendah di mana tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi.
  • Mengurangi risiko penyakit karena buruknya sistem sanitasi. Misalnya, DBD, malaria, disentri yang muncul akibat kualitas lingkungan pemukiman kurang baik.
  • Memiliki fungsi sebagai salah satu bagian dari sistem perencanaan kota, untuk lahan kualitas optimal serta baik.
  • Mengurangi potensi kerusakan struktur tanah karena terdapat pembangunan jalan ataupun bangunan lain.
  • Melindungi alam serta lingkungan dari pencemaran.
  • Memperpanjang usia ekonomis infrastruktur lainnya. Baik jalan, kawasan maupun pemukiman.
  • Sarana konservasi sumber air.

Baca Juga:

Komponen Pekerjaan Drainase

Komponen Pekerjaan Drainase

Terdapat komponen pekerjaan drainase yang perlu Anda ketahui jika ingin membangun saluran irigasi ini. Hal itu pun perlu dipahami bagi seseorang di mana lebih memilih harga borongan drainase per meter tanpa material.

Tak perlu khawatir kebutuhan komponen akan pekerjaan drainase tidak terlalu banyak. Beberapa bahan utamanya antara lain pasir urug, pasir pasang, semen hingga kerikil. Berikut adalah sejumlah keperluan komponen dalam pekerjaan drainase.

Bahan & Alat

Pertama ada bahan maupun alat di mana diperlukan untuk mengerjakan drainase. Beberapa bahan ataupun alatnya tidak jauh berbeda dengan pekerjaan bangunan rumah.

  • Pasir urug
  • Pasir pasang
  • Batu kali/gunung
  • Kerikil
  • Semen
  • Cangkul
  • Palu
  • Linggis
  • Ember
  • Benang nilon

Pekerja Borongan

Kemudian ada komponen pekerja borongan dalam mengerjakan sebuah drainase. Untuk bagian ini hanya terdapat dua bagian saja.

  • Tukang
  • Pekerja

Harga Borongan Drainase Per Meter Terbaru

Harga Borongan Drainase Per Meter Terbaru

Harga borongan drainase per meter seringkali dicari oleh masyarakat di Indonesia. Pasalnya biaya pembangunan saluran irigasi tersebut setiap tahunnya mengalami perubahan, baik itu naik ataupun turun. Namun diketahui perubahan harga borongan drainase per meternya tidak terlalu signifikan.

Umumnya dalam perhitungan harga pekerjaan borongan pembangunan drainase akan dihitung menggunakan sistem satuan per meter persegi. Dengan menerapkan sistem seperti itu, maka bisa membuat seseorang menghemat pengeluaran. Mengingat borongan pekerjaan per meter memiliki harga cenderung lebih murah serta terjangkau daripada harian.

Lantas berapa sebenarnya harga borongan drainase per meter? Untuk harganya terbagi menjadi dua bagian, antara lain borongan tenaga serta plus material. Besaran nominal harga borongan tenaga kerja pembuatan drainase ada di kisaran Rp 75.000 hingga Rp 90.000 per meter persegi di mana berlaku untuk kedalaman sekitar 1 meter.

Sementara itu bila menggunakan tenaga pekerja borongan plus material, harga yang dipatok lebih mahal, yaitu berkisar antara Rp 225.000 sampai Rp 260.000 per meter persegi. Namun untuk kategori tersebut, kontraktor sudah menyiapkan tenaga kerja dan seluruh kebutuhan material pembangunan drainase.

Namun perlu diketahui bahwa biaya borongan drainase di atas bersifat tidak tetap dan nominal angkanya bisa saja berubah sewaktu-waktu. Mengingat setiap daerah terdapat perbedaan besaran biaya pembangunan sistem saluran irigasi tersebut.

Cara Menghitung Biaya Borongan Drainase Per Meter

Cara Menghitung Biaya Borongan Drainase Per Meter

Walaupun sudah mengetahui harga, tetapi bagi sebagian orang kerap mengalami kebingungan dalam menghitung biaya borongan drainase per meter. Pada dasarnya perhitungan tersebut cukup mudah dan bisa diterapkan secara langsung.

Namun langkah pertama, Anda perlu mencari tahu panjang atau volume pekerjaan drainase. Sebagai contoh, seseorang hendak membangun sistem drainase sepanjang 60 meter, kedalaman 1 meter menggunakan pekerja sistem borongan include material, maka cara menghitungnya yaitu:

  • Borongan Drainase = PD (Panjang Drainase) x HB (Harga Borongan)
  • Borongan Drainase = 60 m x Rp.225.000
  • Borongan Drainase = Rp 13.500.000

Berdasarkan perhitungan di atas, jumlah kebutuhan anggaran dana guna membangun sistem drainase dengan panjang mencapai 60 m serta kedalaman 1 m memakai jasa pekerja borongan include material, kurang lebih sekitar Rp 13.500.000.

Tips Memilih Jasa Borongan Drainase Per Meter

Tips Memilih Jasa Borongan Drainase Per Meter

Perlu diketahui bahwa pemilihan jasa borongan drainase per meter tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya jika hal itu terjadi, maka besar kemungkinan tahap pengerjaan sistem saluran irigasi mengalami berbagai kendala. Untuk menghindarinya, Anda dapat menerapkan tips memilih jasa borongan drainase ini.

Menentukan Budget Pembangunan

Pertama, dalam menggunakan jasa borongan drainase per meter pemilik proyek harus membayarkan dalam beberapa tahap. Jadi pastikan kerjasama antara Anda dengan tukang bangunan sudah disepakati sedari awal.

Jasa borongan profesional tentu akan menawarkan akurasi anggaran di mana sudah disepakati. Guna mengantisipasi biaya pembangunan drainase fluktuatif, pastikan agar merencanakan budget cadangan terlebih dahulu.

Menentukan Waktu Pembangunan

Saat membangun drainase, waktu pengerjaan merupakan hal mendasar perlu diperhatikan. Pastikan agar memberi jangka waktu tepat dalam mengerjakannya. Pasalnya jika prosesnya cepat, ada kemungkinan pekerja mengerjakannya secara terburu-buru, sehingga hasilnya tidak maksimal.

Di sisi lain, bila waktu pengerjaan drainase terlalu lama juga dapat mempengaruhi budget pembayaran. Sebaiknya perhitungkan secara cermat terkait waktu pengerjaan drainase.

Berdasarkan Rekomendasi

Metode termudah guna mendapatkan jasa borongan drainase yaitu berdasarkan rekomendasi seseorang. Misalnya, ketika Anda mempunyai dana lebih untuk menggunakan arsitek, maka bisa sekaligus meminta rekomendasi jasa kepadanya.

Tak hanya itu saja, sebagai pemilik proyek pun bisa mendapatkan rekomendasi dari tetangga, kerabat ataupun teman terdekat. Melalui referensi tersebut, maka tidak akan membutuhkan biaya tambahan.

Riset

Apabila sudah mendapatkan sejumlah referensi jasa borongan drainase, berikutnya Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan mencari tahu pengalaman dari jasa tersebut.

Jika memilih jasa borongan drainase dari kerabat atau teman terdekat, sebaiknya melihat hasil kerjanya secara langsung. Silakan pilih jasa di mana memiliki kinerja cukup baik sesuai standar.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai rincian harga borongan drainase per meter. Perlu diperhatikan kembali bahwa informasi biaya di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi guna memastikan harganya, maka sebaiknya menanyakan kepada pihak jasa borongan drainase secara langsung.

Tinggalkan komentar