Biaya Pasang Plafon Kamar 3×3 2024 dan Material

Menjadi elemen fungsional sekaligus estetika di dalam rumah, mayoritas masyarakat saat ini memasang langit-langit untuk membatasi atas ruangan. Contoh kebutuhannya sendiri tak jauh berbeda dari biaya pasang plafon kamar 3×3.

Di mana, biaya pasang plafon kamar ukuran 3×3 bisa menggambarkan kebutuhan anggaran dalam membuat langit-langit untuk memperindah tampilan pada berbagai ruangan dalam rumah. Selain itu, fungsi dari plafon sendiri bisa sebagai peredam hawa panas maupun dingin.

Secara umum, biaya pasang plafon kamar 3×3 sendiri dibedakan berdasarkan material maupun desain yang digunakan. Terlebih, untuk ukuran 9 meter persegi akan memakan cukup banyak komponen bahan baku.

Lantas, berapa biaya pasang plafon kamar ukuran 3×3? Untuk informasi detail mengenai keperluan anggaran berdasarkan komponen bahan baku, silakan simak rangkuman berikut sampai selesai.

Komponen Pasang Plafon Kamar 3×3

Komponen Pasang Plafon Kamar 3x3 1

Guna menghitung biaya pemasangan plafon, tentu setiap individu diharuskan tahu akan kebutuhan material dalam proses pasang. Di mana, terdapat sejumlah komponen dalam prosedur pengaplikasian langit-langit untuk kamar berukuran 3×3.

Material

Dalam praktiknya, memasang plafon untuk kamar ukuran 3×3 akan membutuhkan beberapa material ataupun elemen penting. Hanya saja, bahan baku pembuatan plafonnya bisa ditemukan pada pasaran secara mudah.

Bahkan, selaku pemilik proyek juga dapat menentukan rangka guna membuat plafon baik berbahan besi hollow maupun kayu. Kedua komponen ini tersedia di berbagai toko bangunan. Pastikan agar menyesuaikan elemen berdasarkan anggaran yang dimiliki.

Tenaga

Berikutnya, dalam proses pemasangan langit-langit kamar ukuran 3×3 juga membutuhkan tenaga kerja atau tukang. Di mana, kebutuhan mengenai pekerja bidang tersebut secara umum membutuhkan lebih dari satu orang.

Mengingat kebutuhan tenaga setidaknya 2 atau 3 tukang, sangat disarankan agar mencari pekerja yang sudah ahli dan memang berkecimpung di bidang terkait seperti borongan agar biaya pasang plafon tidak membengkak.

Harga Plafon Per Meter

Harga Plafon Per Meter

Sebelum mencari tahu biaya pasang plafon kamar 3×3, setiap individu juga harus mengetahui bahwa plafon terdiri atas beberapa komponen. Di mana, setiap bahan baku pembuatan langit-langit tersebut memiliki harga berbeda-beda.

Berikut adalah harga plafon berdasarkan bahan baku dengan hitungan per meter persegi:

  • Plafon gypsum rangka hollow: Rp 85.000
  • Plafon GRC: Rp 65.000
  • Plafon PVC Standar: Rp 120.000
  • Plafon PVC Shunda: Rp 200.000

Sebagai catatan tambahan, setiap harga plafon berdasarkan material pembuatan di atas sejatinya dapat berubah sewaktu-waktu. Selain karena faktor penyedia, setiap daerah juga memiliki ketentuan terkait nilai jual dari elemen tersebut.

Cara Hitung Volume Pasang Plafon Kamar

Cara Hitung Volume Pasang Plafon Kamar

Volume pekerjaan pasang plafon sesuai RAB sejatinya dihitung berdasarkan luas langit-langit ruangan yang hendak dipasangi plafon. Guna mencarinya secara akurat, setiap orang bisa mengalikan panjang beserta lebar dari ruang tersebut.

Sementara untuk plafon, alangkah baiknya hindari elemen yang menggunakan as. Akan tetapi, pada sisi bagian dalam bangunan sebaiknya disesuaikan jika dalam kamar terdapat bentuk lekukan penebalan kolom.

Berikut rumus guna menghitung volume pasang plafon:

  • Luas langit-langit (Per meter persegi)= Panjang x Lebar Ruangan

Rincian Biaya Pasang Plafon Kamar 3×3

Rincian Biaya Pasang Plafon Kamar 3x3 1

Guna menghitung biaya pasang plafon kamar 3×3 sejatinya terdapat rumus khusus. Di mana, metode ini akan membantu setiap orang untuk menganalisa komponen pembiayaan guna memasang langit-langit pada ruangan berukuran 9 meter persegi.

Berikut adalah rumus hitung biaya pasang plafon kamar 3×3:

  • Luas Plafon (per meter persegi): Panjang x Lebar
  • Biaya Pasang Plafon: Luas Plafon x Harga Plafon Per Meter

Plafon Per Meter

Biaya pasang plafon ditentukan berdasarkan jenis, model, merek serta sistem pengerjaan baik harian maupun borongan. Bahkan, terdapat beberapa pihak menghitungnya berdasarkan rangka, list profil ataupun pengecatan.

Untuk memasang plafon dengan hitungan ukuran sejatinya membutuhkan sekitar Rp 150.000 hingga Rp 350.000 per meter persegi. Itu pun belum termasuk ongkos tukang yang mencapai Rp 100.000 per hari.

Dengan nominal tersebut, setiap individu bisa menghitung kebutuhan biaya pasang plafon kamar 3×3 menggunakan langkah berikut:

  • Harga Plafon: Rp 150.000 per meter persegi
  • Pengerjaan: Rp 100.000
  • Ukuran Kamar: 3×3= 9 meter persegi
  • Biaya pasang plafon kamar ukuran 3×3: Rp 150.000 x 9 meter persegi: Rp 1.350.000

Melalui perhitungan di atas, tentu setiap individu bisa memperkirakan sesuai harga plafon dikalikan dengan luas ruang 3×3 atau 9 meter persegi.

Plafon Gypsum

Sementara untuk hitungan pasang plafon gypsum dibedakan berdasarkan material dari komponen langit-langit tersebut. Berikut adalah cara menghitung kebutuhan biaya pasang plafon kamar ukuran 3×3:

  • Luas 1 papan plafon gypsum: 1,2×2,4= 2,88 m2
  • Luas kamar: 3×3 (9 m2)
  • Kebutuhan gypsum: 9/2,88: 3,125

Dari segi luas papan plafon, kamar beserta kebutuhan papan di atas dengan harga plafon gypsum senilai Rp 85.000 maka dapat dilakukan perhitungan sebagai berikut:

  • Kebutuhan plafon: 9/2,88: 3.125
  • Harga plafon: Rp 85.000
  • Total: 3,125 x Rp 85.000: Rp 265.625

Jika ditambah dengan ongkos tukang dalam pengerjaan satu hari senilai Rp 100.000, maka harga pasang plafon gypsum kamar 3×3 adalah Rp 365.625.

Baca Juga:

Plafon PVC

Plafon PVC adalah jenis paling populer untuk rumah minimalis dan cocok untuk kamar ukuran 3×3. Model dari langit-langit ini juga cukup beragam dengan desain menarik.

Hanya saja, untuk biaya pasang plafon PVC sedikit lebih mahal berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per meter persegi. Bahkan, itu pun belum termasuk tarif ongkos tukang.

Maka, untuk biaya pasang plafon PVC kamar ukuran 9 m2 dengan asumsi harga plafon PVC senilai Rp 200.000 dapat dilakukan perhitungan:

  • 9 meter persegi x Rp 200.000: Rp 1.800.000.

Sebagai catatan tambahan, segala informasi mengenai biaya di atas sejatinya diberlakukan sesuai dengan harga plafon di setiap wilayah. Sehingga, kebutuhan anggaran per domisili akan berbeda-beda. Namun, guna menghitung kebutuhan biaya setiap orang bisa menggunakan rumus serupa.

Kelebihan Kekurangan Pasang Plafon

Kelebihan Kekurangan Pasang Plafon

Kendati merupakan bagian penting pada sebuah rumah, namun terdapat beberapa material langit-langit yang memiliki kelebihan maupun kekurangan. Contohnya ialah plafon Gypsum yang terbuat dari komponen sedimen.

Dalam pemakaiannya, ada sejumlah keunggulan pada plafon gypsum yakni:

  • Pemasangan mudah
  • Banyak variasi maupun motif
  • Tahan lama
  • Membuat suasana rumah semakin sejuk
  • Harga bahan cenderung murah

Selain kelebihan, terdapat pula sejumlah kekurangan dari plafon berbahan gypsum. Contohnya:

  • Rentan bocor atau kurang tahan terhadap air
  • Sangat rentan apabila terkena benturan
  • Mudah pudar atau kusam sehingga tampak kotor

Kendati memiliki nilai tambah maupun kurang dalam penggunaannya, setiap orang tetap bisa mengaplikasikan ruangan seperti kamar tidur menggunakan plafon guna menambahkan suasana sejuk. Maka dari itu, silakan sesuaikan kebutuhan berdasarkan anggaran.

Kesimpulan

Demikian informasi lengkap mengenai biaya pasang plafon kamar 3×3 beserta cara hitung volume berdasarkan ukuran ruangan dari Tukangarsitek.com. Semoga adanya rangkuman di atas bisa menggambarkan keperluan dana untuk memasang elemen penting sekaligus estetika hunian ini.

Tinggalkan komentar