Biaya Ngedak Rumah Dengan Bondek dan Cara Hitung Per m2

Banyak yang beranggapan biaya ngedak rumah dengan bondek jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya ngedak rumah dengan papan kayu, namun hal tersebut perlu dipelajari lebih lanjut lagi.

Karena penggunaan bondek untuk ngedak rumah tidak didasarkan oleh biaya saja, melainkan ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan bondek untuk ngedak rumah dibandingkan menggunakan papan kayu.

Beberapa faktor tersebut diantaranya proses pengerjaan dak menggunakan bondek jauh lebih cepat. Penggunaan bondek untuk ngedak rumah juga tidak membutuhkan banyak tiang penyangga seperti saat ngedak menggunakan papan kayu.

Apabila ingin menggunakan bondek untuk ngedak rumah, namun belum mengetahui berapa rincian biaya yang perlu dikeluarkan? Maka kami sarankan untuk melihat terlebih dahulu penjelasan lengkap mengenai hal tersebut dibawah ini.

Kelebihan Ngedak Rumah Dengan Bondek

Kelebihan Cor Menggunakan Bondek
Source: esupermk.live

Penggunaan bondek untuk proses cor atau ngedak sudah mulai banyak digunakan saat ini. Hal tersebut tentunya dikarenakan adanya beberapa kelebihan ngedak rumah dengan bondek. Beberapa kelebihan penggunaan bondek untuk ngedak rumah meliputi:

1. Pengerjaan Lebih Cepat

Kelebihan ngedak rumah dengan bondek pertama adalah proses pengerjaan lebih cepat. Secara umum cara pengerjaan ngedak dengan bondek tidak terlalu berbeda jauh dengan menggunakan papan, hanya saja setelah selesai ngedak rumah bondek tersebut tidak perlu dilepas.

Baca Juga: Eco Living Artinya, Manfaat, Cara Menerapkan dan Tantangan

Selain dapat dikerjakan lebih cepat, pengerjaan ngedak rumah dengan bondek juga jauh lebih rapi. Hal tersebut dikarenakan bondek tersedia dengan ukuran tertentu, namun pengerjaannya harus memiliki penghitungan secara tepat supaya tidak ada kelebihan bondek.

2. Mengurangi Tiang Penyangga

Kelebihan selanjutnya menggunakan bondek untuk ngedak rumah ialah mengurangi jumlah penggunaan tiang penyangga. Hal tersebut dikarenakan bondek memiliki material lebih kuat dibandingkan papan kayu, sehingga tidak membutuhkan banyak tiang penyangga.

Sedikitnya penggunaan tiang penyangga saat melakukan pengecoran juga menjadikan proses pengerjaan dak rumah menjadi lebih cepat. Selain itu juga dapat mengurangi biaya pembelian atau penyewaan penyangga saat proses pengecoran.

3. Tahan Api dan Suhu Tinggi

Kelebihan ngedak rumah dengan bondek selanjutnya ialah material bondek tahan terhadap api dan suhu tinggi. Bahkan material bondek dapat bertahan di dalam api lebih dari 2 jam, hal ini disebabkan integritas serta stabilitas dari bondek itu sendiri.

Dengan begitu, penggunaan bondek untuk pengecoran rumah jauh lebih aman saat terjadi kebakaran. Hal tersebut tentunya berbanding terbalik dengan penggunaan papan kayu, karena material kayu lebih mudah terbakar saat terkena api.

4. Memiliki Sifat Antikarat

Material bondek umumnya terbuat dari galvanis, hal tersebut menjadikan bondek memiliki sifat antikarat. Dengan begitu, masa pakai bondek menjadi jauh lebih lama, karena tidak akan mengalami korosi. Hal ini pastinya akan membantu mengurangi biaya perawatan rumah.

Kekurangan Ngedak Rumah Dengan Bondek

Kekurangan Cor Menggunakan Bondek
Source: blkp.co.id

Meskipun penggunaan bondek untuk ngedak rumah memiliki banyak kelebihan, namun tetap ada beberapa kekurangan dari penggunaan bondek untuk ngedak rumah. Beberapa kekurangan ngedak rumah dengan bondek diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harga Bondek Berubah-ubah

Kekurangan pertama ialah harga bondek dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan harga bondek umumnya mengikuti jumlah stok, kemudian juga mengikuti jumlah kebutuhan. Semakin sedikit stok, namun jumlah kebutuhan tinggi, maka harga bondek bisa menjadi mahal.

Selain itu, harga bondek dapat juga dipengaruhi oleh harga material pembuatannya. Dimana bondek terbuat dari material campuran galvanis dan aluminium. Saat harga kedua material tersebut naik, maka hal tersebut akan berpengaruh juga terhadap harga penjualan bondek.

2. Tidak Bisa Untuk Kantilever

Kekurangan ngedak rumah dengan bondek selanjutnya ialah bondek tidak bisa digunakan untuk membuat kantilever atau balok tepian. Karena pemasangan bondek secara umum diletakan diatas balok sebagai penyangganya.

Ditambah lagi, bobot bondek terlalu berat jika tidak disangga dengan balok permanen, karena itu penerapan bondek tidak dapat digunakan untuk membuat kantilever. Saat ingin membuat kantilever atau teras rumah, lebih disarankan dibuat menggunakan papan kayu.

Cara Hitung Biaya Ngedak Rumah Dengan Bondek

Cara Hitung Biaya Ngedak Rumah Dengan Bondek
Source: alitmix.com

Cara hitung biaya ngedak rumah dengan bondek dapat diketahui melalui kebutuhan material untuk pengecoran. Selain memperhatikan harga material untuk ngedak, upah tukang juga harus di hitung dalam biaya ngedak rumah dengan bondek.

Sehingga cara hitung biaya ngedak rumah dengan bondek ialah dengan cara menjumlahkan biaya pembelian seluruh material untuk ngedak dan upah tukang atau pekerja. Dari total penjumlahan tersebut akan diketahui biaya ngedak secara keseluruhan.

Beberapa kebutuhan material untuk ngedak rumah dengan bondek diantaranya meliputi:

  • Wiremesh
  • Besi ulir
  • Bondek
  • Semen
  • Pasir beton

Biaya Ngedak Rumah Dengan Bondek Per m2

Biaya Ngedak Rumah Dengan Bondek Per m2
Source: id.carousell.com

Biaya ngedak rumah dengan bondek per m2 kurang lebih adalah 250 ribu rupiah, biaya tersebut sudah meliputi upah tukang. Namun belum termasuk dengan biaya pembelian material seperti rincian diatas, dan biaya tersebut juga dapat berbeda-beda di setiap daerah.

Sehingga untuk dapat mengetahui biaya ngedak rumah dengan bondek secara keseluruhan, perlu menghitung biaya pembelian material ditambah dengan biaya ngedak borongan per m2. Rincian biaya pembelian material untuk ngedak diantaranya meliputi:

MaterialHarga SatuanTotal
Bondek 10 lembarRp 540.000 / lembarRp 5.400.000
Wiremesh 4 lembarRp 515.000 / lembarRp 2.060.000
Semen 40 sakRp 55.000 / sakRp 2.200.000
Pasir beton 4 coltRp 220.000 / coltRp 880.000

Setelah mendapatkan biaya pembelian material untuk ngedak rumah secara lengkap, maka seluruh biaya pembelian material tinggal dijumlahkan dengan upah tukang. Untuk rincian biaya upah tukang diantaranya adalah sebagai berikut:

KeteranganUpah Per OrangTotal
Tukang utama 5 orangRp 150.000Rp 750.000
Tukang pembantu 7 orangRp 100.000Rp 700.000
KonsumsiRp 20.000Rp 240.000

Besarnya upah tukang diatas hanya perkiraan saja, karena upah tukang di setiap daerah itu berbeda-beda. Ada yang lebih kecil dari perkiraan upah diatas, namun ada juga yang jauh lebih besar. Hal tersebut berlaku juga untuk biaya konsumsi untuk tukang.

Kesimpulan

Setelah mengetahui besarnya biaya ngedak rumah dengan bondek diatas, maka kalian dapat membandingkan biaya tersebut dengan biaya ngedak rumah menggunakan papan kayu. Setelah itu, silahkan memutuskan proses pengecoran akan menggunakan papan kayu atau bondek.

Dengan ini berakhir sudah penjelasan mengenai biaya ngedak rumah dengan bondek untuk sekarang ini, mudah-mudahan saja penjelasan mengenai biaya diatas dapat dijadikan sebagai referensi sebelum melakukan pengecoran atau ngedak rumah kalian.

Tinggalkan komentar