Harga Jasa Pembuatan Septic Tank di Semua Kota Indonesia 2024

Harga jasa pembuatan septic tank akhir-akhir ini menyita perhatian masyarakat Indonesia. Lantaran, mereka baru saja membuat hunian baru dan belum membangun lubang penampung kotoran tersebut.

Harga jasa pembuatan septic tank bervariasi, karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Misalnya seperti ukuran, material, kondisi tanah, lokasi pembangunan, pembebanan tanah serta izin.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui rumus menghitung harga jasa pembuatan septic tank. Agar nantinya, anggaran membuat lubang penampung kotoran bisa terinci dengan jelas tanpa adanya biaya tambahan lainnya.

Bagi yang berencana untuk membuatnya, ketahuilah ukuran, analisa satuan pekerjaan, lama pembuatan, tips memilih dan harga jasa pembuatan septic tank. Untuk mendapatkan penjelasan tersebut, silakan simak lebih lanjut ulasan dari TukangArsitek.com di bawah ini.

Ukuran Ideal Septic Tank

Ukuran Ideal Septic Tank

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat septic tank adalah ukurannya. Di mana, ukuran septic tank sendiri harus disesuaikan dengan jumlah anggota yang ada di rumah tersebut.

Lantas, berapa ukuran ideal septic tank? Sesuai Standar Nasional Indonesia kedalaman septic tank minimal 1,5 meter hingga 1,8 meter. Namun ada beberapa referensi ukuran lainnya yang bisa Anda terapkan, di antaranya:

  • Ukuran septic tank= 180 x 120 x 250 cm
  • Ukuran septic tank= 240 x 150 x 300 cm
  • Ukuran septic tank= 300 x 180 x 350 cm

Catatan, ukuran tersebut tidak menggunakan resepan lantaran permukaan dinding sudah dihaluskan dengan aci serta semen. Di samping itu, penutup atasnya disediakan gagang untuk membuka.

Lantas, apakah bisa membuat septic tank di lahan yang sempit? Bisa, ada beberapa opsi yang dapat dicoba, seperti menggunakan septic tank komunal, septic tank ramah lingkungan, serta berukuran kecil 90 x 125 cm.

Jika ingin membuat septic tank di lahan sempit, sebaiknya bangun di bagian depan rumah. Supaya memiliki jarak dengan sumur sendiri maupun tetangga, lebih mudah merawat dan membersihkannya di kala sudah penuh.

Berapa jarak septic tank dengan sumber air bersih? Idealnya jarak septic tank dengan sumur pompa air bersih minimal 10 meter. Apabila dengan sumur resapan air hujan, setidaknya diberi jarak sekitar 5 meter.

Hal ini bertujuan supaya air sumur tidak terkontaminasi dengan kadar air dari septic tank yang terdapat bakteri patogen, sehingga mengganggu kesehatan. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengosongkan septic tank secara berkala setiap 3 sampai 5 tahun.

Harga Jasa Pembuatan Septic Tank Terbaru

Harga Jasa Pembuatan Septic Tank Terbaru

Pada umumnya pembuatan septic tank atau cesspit tidak menghabiskan biaya lebih dari Rp 5.000.000. Namun, hal tersebut disesuaikan dengan harga material dan upah tukang di masing-masing daerah.

Karena pembangunannya dirancang untuk penggunaan secara jangka panjang, jarang dijumpai adanya renovasi septic tank. Oleh karena itu, pembuatan cesspit harus menggunakan material serta tenaga ahli.

Lantas, berapakah harga jasa membuat cesspit saat ini? Supaya menjadi gambaran semua pihak, berikut adalah harga jasa pembuatan septic tank:

Harga Material Septic Tank

Berawal dari perhitungan material, apabila Anda menggunakan penyedia jasa tanpa bahan. Hal ini penting dalam pembuatan septic tank, lantaran erat kaitannya dengan penggunaan jangka panjang.

Biasanya material yang dibutuhkan untuk membuat tangki septik, mencakup semen, pasir, batu bata, kawat beton, besi beton dan lain sebagainya. Di mana setiap bahan memiliki harga kompetitif berdasarkan kualitasnya.

Sebagai referensi, berikut adalah harga material yang dibutuhkan ketika membuat septic tank:

  • Semen 5 sak = Rp 350.000
  • Batu bata 1.000 buah = Rp 750.000
  • Pasir 1 mobil bak kecil = Rp 330.000
  • Baut pembuka = Rp 25.000
  • Batu split = Rp 300.000
  • Besi beton diameter 10mm 5 batang = Rp 300.000
  • Kawat beton 1kg = Rp 30.000
  • Kayu = Rp 30.000
  • Papan triplek 1 lembar = Rp 35.000
  • Total Harga: Rp 2.150.0000

Dengan adanya rincian tersebut, pastikan Anda menyiapkan anggaran lebih sekitar 30%. Hal ini bukannya tanpa asalan, karena untuk menghindari kekurangan material atau kerusakan sekaligus menjadi biaya tambahan.

Baca juga:

Analisa Upah Satuan Pekerjaan

Lama pembuatan septic tank pada umumnya tidak lebih dari 7 hari. Maka dari itu, upah satuan pekerjaan dapat dihitung secara mudah berdasarkan hari kerja mereka.

Upah tukang pembuatan tangki septik umumnya, berkisar antara Rp 75.000 sampai Rp 125.000 per hari. Sementara untuk buruh atau helper tukang sekitar Rp 50.000 hingga Rp 85.000 per hjari.

Jadi, perhitungan biaya tenaga kerja pembuatan cesspit misalnya:

  • Jumlah tukang: 3 orang
  • Upah tukang: Rp 100.000 per hari
  • Jumlah hari kerja: 6 hari

Biaya tukang pembuatan septic tank Rp 100.000 x 3 x 6 = Rp 1.800.000

Sementara tenaga buruh atau helper tukang pembuatan septic tank

  • Jumlah buruh: 2 orang
  • Upah Buruh: Rp 70.000
  • Jumlah hari kerja: 6 hari

Upah tenaga buruh tukang pembuatan septic tank Rp 70.000 x 2 orang x 6 hari = Rp 840.000.

Total semuanya Rp 1.800.000 + Rp 840.000 = Rp 2.640.000

Perhitungan di atas digunakan untuk Anda yang memang hanya menyewa jasa pembuatan septic tank tanpa material. Apabila plus material, biasanya sudah ditetapkan oleh pihak penyedia jasa.

Sebagai contohnya, berikut adalah harga jasa pembuatan septic tank plus bahan:

KeteranganHarga Jasa Pembuatan Septic Tank
Pembuatan Lantai KerjaRp 25.000 per 0,1 meter kubik
Cor LantaiRp 50.000 per 0,1 meter kubik
Instalasi PipaRp 40.000
Ongkos Gali TanahRp 100.000 per meter kubik
Cor BetonRp 100.000 per 0,1 meter kubik
PlesterRp 50.000 per meter kubik.
Total Harga Jasa Pembuatan Septic TankRp 365.000

Dari harga tersebut silakan aplikasikan pada ukuran septic tank yang nantinya Anda buat. Pastikan kembali bahwa anggaran lebih banyak dari hasil perhitungan, kurang lebih sebesar 30%.

Pasalnya tidak semua daerah memiliki harga seperti pada di atas. Terlebih lagi, jika hunian Anda berada di Kota Besar, tidak menutup kemungkinan harga bisa lebih mahal berdasarkan pembelian material saja.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Septic Tank

Tips Memilih Jasa Pembuatan Septic Tank

Terlepas dari ukuran maupun harga, pemilihan jasa pembuatan septic tank juga penting untuk diketahui. Karena merujuk pada hasil maksimal serta kecepatan dalam pembangunannya.

Lantas, bagaimana cara memilih jasa pembuatan septic tank yang berkualitas? Guna meminimalisir kesalahan, berikut tips memilih jasa pembuatan septic tank:

  • Kredibilitas pastikan penyedia jasa memiliki lisensi serta sertifikasi sebagai standar keselamatan.
  • Tinjau pengalaman penyedia jasa, semakin lama berkecimpung, semakin terampil dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Lihat portofolio pekerjaan sebelumnya, supaya Anda tahu apa saja jenis proyek yang mereka pernah tangani.
  • Transparansi harga dan komunikasi juga perlu diperhatikan, semakin sering berkomunikasi, maka hasil pekerjaan akan sesuai dengan keinginan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai ukuran, analisa satuan pekerjaan, lama pembuatan, tips memilih dan harga jasa pembuatan septic tank. Kesimpulannya, harga membuat tangki septik di setiap daerah berbeda-beda berdasarkan harga material dan biaya yang ditetapkan oleh penyedia jasa.

Mungkin itu saja informasi terkait ukuran, analisa satuan pekerjaan, lama pembuatan, tips memilih dan harga jasa pembuatan septic tank. Semoga dengan adanya ulasan di atas, Anda bisa menghitung semua biaya jasa membuat tangki septik.

Tinggalkan komentar